Sabtu, 28 Februari 2015

Dana Pendidikan Anak

     Pendidikan anak merupakan prioritas pertama dalam kehidupan sebagai orang tua. Orang tua ingin agar mereka selalu mendapatkan yang terbaik untuk masa depannya. Pendidikan yang baik, pasti akan menghasilkan anak yang baik :)
      Sehingga, perencanaan mengenai biaya sekolah merekapun harus direncanakan dengan baik sejak mereka masih dalam kandungan lho! Berikut beberapa tips utk mempersiapkan dana pendidikan anak.

 1. Tentukan sekolah 'incaran' Anda, hitung kebutuhan biaya saat ini. Lakukan riset / tanyakan pada perencana keuangan tentang hal ini.
 2. Lalu, hitung kebutuhan biaya nanti dengan memasukkan inflasi sebesar 10 - 15 persen per tahun.
 3. Misal dana pendidikan SD swasta di Jakarta ratenya di 15 - 25 juta. Berarti kamu harus atasi inflasi dengan punya dana 16.5 juta - 27.5 juta yaa.
 5. Periksa tabungan/investasi yang sudah dipersiapkan. Jika dananya belum cukup / bahkan belum ada sama sekali, sekarang saatnya mempersiapkan.
 6. Sesuaikan produk keuangan yang dipilih dengan jangka waktu kebutuhannya. Masing-masing produk keuangan punya karakter & fungsi yang berbeda.
 7. Misal, produk reksadana saham bisa digunakan untuk memenuhi tujuan dana kuliah anak yang jangka waktunya masih lebih dari 10 tahun dari sekarang.
 8. Tapi produk ini tidak sesuai untuk memenuhi dana pendidikan jangka pendek untuk anak yang akan kuliah 3 tahun lagi.

      Nah, mungkin buat yang baru punya new baby, bisa yuk dipertimbangkan untuk mulai menabung/berinvestasi utk dana pendidikan si kecil ;)
      Siapa yang sudah siap dengan dana pendidikan si kecil? Share dong, gimana cara nyiapinnya? :D
disadur dari tweet @PritaGhozie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar