Minggu, 22 Februari 2015

Menjadi Manajer Keuangan Di Keluarga

     Menjadi manajer keuangan di kantor? Belum tentu semua orang bisa. Tp menjadi manajer keuangan di keluarga? Setiap perempuan PASTI BISA!
      Walaupun tidak ada jobdesc secara spesifik, tapi sebenarnya tau nggak sih apa saja list pekerjaan & bagaimana cara menjalankannya? Simak yaa..

 1. Tanamkan kebiasaan ini pada anak sedari mereka kecil, karena kebiasaan yg baik harus ditanamkan sedini mungkin.
 2. Ajarkan mereka menyisihkan 10% dari uang jajan atau hadiah dari kakek-nenek dan juga om-tante,termasuk angpao lebarannya!
 3. Jangan gunakan pendapatan kita & suami 100%, tetapi sisihkan juga untuk tabungan/investasi, zakat, dan dana darurat lainnya.
 4. Bayar LUNAS tagihan kita & suami setiap bulannya, ingat bunga kartu kredit itu besar dan sangat mencekik loh.  Bunga Credit Card mencapai 2.95% /bulan. Jika tagihanmu Rp10juta & dibayar minimum tiap bulan, maka akan terbayar lunas lebih dari 4 tahun!
 5. Sadar apa itu "Needs" dan "Wants". Jangan bilang itu needs saat itu wants ya.. Kita harus jujur pada diri kita sendiri!
 6. Budgeting. Buatlah pos-pos pengeluaran dan bagi penghasilan dari awal bulan untuk menghindari over budget.
 7. Buat rekening Living, Saving, Playing, supaya kita lebih mudah untuk mengontrol & juga pengeluaran. Kalau manager keuangan bs mengatur arus kas dgn baik,dijamin seluruh anggota keluarga akan hidup sejahtera! Live a beatiful life :)
 8. Last but not least, walau kontrol keuangan dalam keluarga ada ditanganmu, libatkan suami juga dalam menentukan setiap keputusan!

sumber: twitter.com/PritaGhozie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar