Minggu, 04 Januari 2015

Tidur



Gagasan besar adalah gagasan yang sangat, sangat kecil yang dapat membuka milyaran gagasan besar yang saat ini tidak tersentuh di dalam diri kita. Dan gagasan kecil yang akan melakukan hal itu adalah tidur.

Dan dimulailah perjalanan menemukan kembali manfaat tidur. Dan dalam perjalanan itu, seseorang belajar, bertemu dengan para dokter, ilmuwan, dan memberi tahu anda bahwa cara untuk hidup lebih produktif, lebih bersemangat, dan lebih bahagia adalah dengan cukup tidur.

Dan para wanita akan menunjukkan jalan pada revolusi baru ini, isu feminisme baru ini. Wanita akan tidur sebanyak-banyaknya, secara harfiah. Karena sayangnya, bagi pria, kurang tidur sudah menjadi simbol kejantanan.

Kini ada sejenis kekurangan tidur dari ajang saling bersaing. Terutama jika anda ingin membuat janji sarapan, dan anda berkata, "Bagaimana kalau jam delapan?" Mereka kemungkinan akan berkata, "Jam delapan terlalu terlambat bagi saya, tapi tidak apa-apa. Saya akan bermain tenis lalu melakukan beberapa konferensi melalui telepon dan menemui anda pada jam delapan." Dan mereka berpikir hal itu berarti mereka benar-benar sibuk dan produktif, namun kenyataannya tidak, karena kita saat ini memiliki para pemimpin hebat dalam bisnis, keuangan, dan politik membuat keputusan-keputusan buruk. Jadi IQ yang tinggi tidak berarti bahwa anda adalah pemimpin yang baik, karena inti dari kepemimpinan adalah dapat melihat gunung es sebelum menabrak Titanic. Dan sekarang kita memiliki terlalu banyak gunung es yang telah menabrak Titanic kita.

Kenyataannya, jika Lehman Brothers (Lehman Bersaudara) adalah Lehman Brothers and Sisters, (Lehman Bersaudara-saudari) mereka masih ada sekarang. Saat semua saudara-saudara itu sibuk hanya agar terhubung setiap saat, mungkin seorang saudari akan menyadari gunung es itu, karena dia akan bangun pagi setelah tidur tujuh setengah atau delapan jam dan dapat melihat gambaran besarnya.

Jadi saat kita menghadapi bermacam-macam krisis di dunia saat ini, apa yang baik bagi kita secara pribadi, apa yang akan lebih membawa kebahagiaan, syukur, efektifitas dalam hidup kita dan yang terbaik bagi karir kita, adalah juga yang terbaik bagi dunia. Jadi saya mengajak anda untuk menutup mata dan menemukan gagasan hebat yang ada di dalam diri kita, untuk mengistirahatkan mesin anda dan menemukan kekuatan tidur.

Sumber: TED.com , Arianna Huffington: How to succeed? Get more sleep

Tidak ada komentar:

Posting Komentar