Jumat, 02 Januari 2015

Jangan Duduk Terlalu Lama!



Apa yang sedang Anda lakukan, sekarang, saat ini, membunuh Anda. Lebih dari mobil atau Internet atau bahkan gadget-gadget yang selalu kita bicarakan, teknologi yang paling sering Anda gunakan setiap harinya adalah bokong Anda. Sekarang, orang-orang duduk selama 9,3 jam per hari, yang berarti lebih dari waktu tidur kita, 7,7 jam. Duduk merupakan aktifitas yang sangat amat biasa, kita tidak mempertanyakan seberapa sering kita melakukannya, dan karena semua orang melakukannya, tidak pernah sekalipun kita berpikir kalau ini tidak baik. Dengan demikian, duduk telah menjadi racun seperti rokok untuk generasi kita.

Tentu saja ada konsekuensi bagi kesehatan kita, konsekuensi mengerikan, selain bagi pinggang. Konsekuensi seperti kanker payudara dan kanker usus besar yang erat kaitannya dengan kurangnya aktifitas fisik, sepuluh persen menderita kedua kanker ini. enam persen menderita penyakit jantung, tujuh persen menderita diabetes tipe 2. Tentunya fakta-fakta itu mendorong kita untuk lebih sering bangkit berdiri dari kursi kita.

Namun sebelum itu, yang sesungguhnya terjadi adalah Anda sempat menganggap bahwa Anda dapat menjaga kesehatan Anda, atau Anda dapat menganggapnya sebagai kewajiban, dan yang satu selalu terjadi dengan mengorbankan yang lain. Jadi sekarang, Anda telah mempelajari beberapa hal.

Pertama, ada hal yang benar-benar menakjubkan tentang keluar dari kebiasaan, yang membawa kita berpikiran di luar kotak. Entah karena kita berada di luar atau latihannya, ini benar-benar efektif.

Dan yang kedua, dan mungkin lebih reflektif adalah tentang bagaimana setiap dari kita melihat masalah dari dua sudut yang berbeda saat mereka tidak demikian adanya. Dan jika kita ingin menyelesaikan masalah dan melihat dunia dengan cara pandang yang berbeda, entah itu dalam pemerintahan atau bisnis atau masalah lingkungan hidup, pengadaan lapangan kerja, mungkin kita dapat berpikir tentang bagaimana melihat masalah-masalah itu dengan melihat kedua halnya bersamaan. Karena hanya saat ini terjadi dengan ide berjalan dan berbicara ini banyak hal menjadi mungkin dan berkelanjutan dan dapat berjalan.

Saya memulai tulisan ini dengan menulis tentang bokong, jadi saya akan mengakhirinya dengan kesimpulan, yaitu, berjalan dan berbicara. Jalani pembicaraan Anda. Anda akan terkejut saat udara segar mendorong pemikiran baru, dan dalam apa yang Anda kerjakan, Anda akan membawa pemikiran-pemikiran baru dalam hidup Anda.

Sumber: TED.com , Nilofer Merchant: Got a meeting Talk a walk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar