Sabtu, 15 November 2014

Nature, Beauty, & Gratitude



Kecantikan memabukkan kita melalui warna, rasa, dan sentuhan. Kecantikan dan godaan adalah cara alam untuk bertahan, karena kita menjaga apa yang kita cintai, membuka hati kita, dan membuat kita menyadari bahwa kita adalah bagian yang tak dapat dipisahkan dari alam. Saat kita melihat diri kita di alam, alam akan menghubungkan kita dengan semua orang, karena sudah jelas bahwa semua terhubung menjadi satu.

Tahukah Anda bahwa 80 persen informasi yang kita terima masuk melalui mata kita? Dan jika Anda membandingkan energi cahaya dengan skala musik, hanya ada satu oktaf nada yang tepat berada di tengah yang bisa dilihat mata telanjang, Dan tidakkah kita bersyukur untuk otak yang dapat mencerna impuls listrik yang berasal dari energi cahaya ini untuk membuat gambar yang memungkinkan kita untuk menjelajahi dunia? Dan tidakkah kita bersyukur untuk hati yang dapat merasakan getaran sehingga kita mampu merasakan kesenangan dan keindahan alam?  Keindahan alam adalah berkah yang menumbuhkan penghargaan dan rasa syukur.

Saat menonton TV, itu hanya tayangan yang -- berpura-pura, dan jika Anda telusuri, Anda memperoleh lebih banyak imajinasi dari yang sudah Anda miliki dan jika Anda mendapat lebih banyak imajinasi, Anda ingin melangkah lebih jauh sehingga Anda dapat memperoleh lebih banyak dan melihat benda-benda yang lebih indah, seperti sebuah jalan setapak, jika itu jalan setapak, yang dapat membawa Anda menuju pantai, atau tempat lain, jalan itu menjadi indah.

Anda kira ini hanyalah hari lain dalam hidup Anda? Ini bukan hanya sekedar hari yang lain. Ini adalah hari yang dihadiahkan pada Anda pada hari ini. Diberikan untuk Anda. Sebuah hadiah. Inilah satu-satunya hadiah yang Anda miliki saat ini, dan tanggapan yang paling tepat adalah rasa syukur. Jika Anda tidak melakukan apa-apa selain menumbuhkan tanggapan itu terhadap hadiah besar yang unik ini, jika Anda belajar menanggapinya laksana hari pertama dan hari terakhir dalam hidup Anda, maka Anda akan melakukan yang terbaik pada hari ini.

Dimulai dengan membuka mata dan merasa takjub karena Anda memiliki mata yang dapat dibuka, bahwa ribuan kombinasi warna yang selalu diberikan bagi kita untuk dinikmati. Pandanglah ke langit. Kita sangat jarang memandang langit. Kita sangat jarang menyadari betapa besar perbedaannya dari waktu ke waktu, saat awan berarak datang dan pergi. Kita hanya bepikir tentang cuaca, dan saat memikirkan cuaca, kita tidak pernah berpikir tentang semua nuansa cuaca. Kita hanya memikirkan cuaca baik dan buruk. Hari ini, saat ini, cuacanya sangat unik mungkin cuaca ini tak akan pernah kita jumpai lagi dalam suasana yang sama. Tatanan awan di langit tidak akan pernah sama dengan yang ada saat ini. Buka mata Anda. Amatilah.

Pandanglah wajah orang-orang yang Anda temui. Setiap orang memiliki cerita luar biasa di balik wajahnya, cerita yang mungkin tidak akan Anda pahami, bukan hanya kisah mereka sendiri, namun juga kisah nenek moyang mereka. Kita semua bisa kembali sangat jauh, dan saat ini, hari ini, semua orang yang Anda temui, semua kehidupan dari generasi tersebut, dan dari semua tempat di seluruh dunia mengalir bersama dan bertemu dengan Anda di sini seperti air sumber kehidupan, jika Anda membuka hati dan menerimanya.
Bukalah hati Anda terhadap berkah yang diberikan oleh peradaban kepada kita. Anda tinggal menekan tombol dan cahaya listrik akan berpendar. Anda memutar kran dan air panas atau dingin mengalir, juga air yang dapat diminum. Sebuah berkah yang tidak dirasakan oleh jutaan orang di dunia.

Jadi ini hanyalah sejumlah kecil dari banyaknya hadiah yang dapat membuka hati Anda. Saya berharap Anda dapat membuka hati untuk semua berkah ini, dan biarkan mengalir kepada Anda dan setiap orang yang akan Anda jumpai hari ini akan memperoleh berkah dari Anda, hanya dengan mata Anda, dengan senyuman Anda, sentuhan Anda, kehadiran Anda. Biarkan rasa syukur itu mengalir menjadi berkah bagi semua yang ada di sekeliling Anda, dan ini akan menjadi hari yang indah.

Sumber: TED.com , Louie Schwartzberg: Nature, Beauty, Gratitude

Tidak ada komentar:

Posting Komentar