Sabtu, 01 November 2014

Pengenal Kebohongan



Pengetahuan telah mengungkapkan banyak petunjuk mengenai kebohongan. Sebagai contoh kita tahu, pembohong akan mengubah laju kedipan mereka, mengarahkan kakinya menuju pintu keluar. Mereka akan mengambil benda penghalang dan menaruhnya di antara mereka dan orang yang mewawancarainya. Mereka mengubah nada bicara mereka, seringkali membuatnya lebih rendah. Lalu inilah intinya. Perilaku ini hanyalah perilaku, bukan bukti dari kebohongan. Itu adalah bendera merah. Kita adalah manusia. Kita membuat perilaku yang menunjukkan kebohongan di mana-mana setiap saat. Itu tidak berarti semuanya bohong. Namun saat Anda melihat sekelompok perilaku ini, itu adalah tanda. Lihat, dengar, selidiki, dan tanyakan pertanyaan yang sulit, gunakan metode ingin tahu yang tidak biasa, gunakan rasa penasaran, bertanyalah lebih banyak miliki sedikit martabat, perlakukan orang itu dengan sesuai. Jangan mencoba seperti tokoh dalam "Law & Order" dan pertunjukan drama lain yang menyiksa orang sampai mengaku. Jangan terlalu agresif. Itu tidak akan berhasil.
Kini ilmu dan teknologi mengenai bagaimana kebenaran itu terus mengalami kemajuan. Sebagai contoh kita tahu bahwa kini ada spesialis pelacak mata dan pemindai otak inframerah. MRI yang dapat menguraikan sinyal yang dikirimkan tubuh kita saat kita mencoba berbohong. Dan teknologi ini akan dipasarkan kepada kita semua sebagai obat ajaib untuk penipuan, dan obat ini akan terbukti sangat berguna suatu hari. Namun sementara itu Anda harus bertanya : Anda ingin berada di pihak yang mana seseorang yang dilatih untuk mendapat kebenaran atau orang yang akan menarik elektrosepalogram seberat 400 pon melalui sebuah pintu?

Pengenal kebohongan mengandalkan manusia. Mereka tahu, seperti yang dikatakan seseorang, "Kenali ciri Anda dalam kegelapan." Dan apa yang menarik adalah hari ini hanya ada sedikit kegelapan. Dunia kita hidup 24 jam sehari. Semuanya tembus pandang dengan blog dan jejaring sosial menyiarkan berita dari sekelompok generasi orang baru yang telah memilih untuk hidup di publik. Dunia ini jauh lebih bising. Jadi satu tantangan yang kita miliki adalah untuk mengingat, terlalu banyak berbagi, itu bukan kejujuran. Keranjingan mengirim pesan dan berkicau dapat membutakan kita dari kenyataan bahwa seluk-beluk kesopanan manusia -- integritas karakter -- masih penting, itu akan selalu menjadi penting. Jadi dalam dunia yang jauh lebih bising ini akan jauh lebih masuk akal bagi kita untuk menjadi sedikit lebih tegas tentang kode moral kita.

Saat Anda menggabungkan ilmu mengenali kebohongan dengan seni melihat, mendengar, Anda membebaskan diri dari bekerja sama dalam kebohongan. Anda memulai langkah untuk menjadi sedikit lebih tegas karena Anda memberi tanda kepada semua orang di sekitar Anda dengan berkata, "Hei, dunia saya, dunia kita, akan menjadi dunia yang jujur. Dunia saya akan menjadi dunia di mana kejujuran diluruskan dan kesalahan dikenali dan dipinggirkan." Dan saat Anda melakukannya tempat berpijak di sekitar Anda mulai sedikit bergeser.

Sumber: TED.com , Pamela Meyer: How to spot a liar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar