Sabtu, 14 Maret 2015

Dana Pensiun

     Mempersiapkan dana pensiun merupakan salah satu tujuan finansial yang paling penting untuk disiapkan. Namun, sayang sekali ini sering dilupakan. Selagi masih muda & bekerja dengan aktif, menyisihkan dana pensiun merupakan hal yang wajib dilakukan. Mumpung masih punya banyak waktu!

      Idealnya, minimal penyisihan dana pensiun adalah 5-10% dari penghasilan setiap bulannya. Harus konsisten & teratur ya friends! Akan lebih bagus lagi, ketika mendapat rezeki lebih, sisihkan lebih banyak lagi untuk dana pensiun. Jadi, jangan pelit untuk menabung ya ;)

      Menurut riset tahun 2011, rata-rata usia harapan hidup masyarakat Indonesia pada umumnya adalah 68 tahun untuk laki-laki & 72 tahun untuk perempuan. Dan rata-rata usia pensiun di Indonesia adalah 55 tahun, itu berarti Anda akan menghabiskan 13 sampai 17 tahun untuk masa pensiun nanti.

      Bagaimana cara menghitung dana pensiun yang ideal? Cek berapa pengeluaran bulanan Anda sekarang ini. Setelah itu, tambahkan dengan biaya inflasi tahunan. Rata-rata, kenaikan inflasi per-tahunnya adalah sebesar 6% -10%. Jika pengeluaran rutin bulanan Anda sekarang 5 juta. Pertahunnya berarti 60 juta.

      Dengan asumsi tingkat inflasi 10%, maka angka tersebut akan setara dengan 650 juta nanti ketika Anda pensiun di usia 55 tahun! Oleh sebab itu, dana pensiun jangan hanya ditabung di tabungan konvensional ya friends! Karena returnnya akan 'kalah' dengan tingkat inflasi.
sumber: twitter.com/zapfinance

Tidak ada komentar:

Posting Komentar