Sabtu, 14 Maret 2015

Menulis Buku

     Kalau mau nulis buku, jangan lupa riset ya. Persiapan dalam menulis itu lebih sulit daripada proses menulis itu sendiri. Semangat! :D Gunakanlah bahasa - bahasa yang tepat dalam tulisanmu. Sesuaikanlah bahasa yang kamu gunakan dengan target pembacamu.

      Penulis memiliki adegan besar dalam pikiran mereka. Tapi tanpa adegan kecil yang kamu rangkai dengan baik, tulisanmu akan biasa - biasa saja. Ketika ingin menulis sebuah buku, buatlah mind mapping. Adegan - adegan apa saja yang ingin kamu tampilkan. Buat yang banyak lalu seleksi.

      Penulis itu haruslah hebat memainkan alur cerita agar para pembaca tidak bosan. Menulislah dengan hatimu. Sampaikanlah isi hatimu apa adanya. Pembacamu dapat merasakan ketulusanmu dalam menulis.

      Jangan takut dengan kritikan orang lain tentang tulisanmu. Bahagialah karena kritikan membuatmu tumbuh :) Dalam menulis, jangan egois dan menyakini bahwa tulisan kita sudah paling bagus. Mintalah pendapat teman-teman dan orang-orang dekatmu.

      Bagus atau tidaknya tulisan kita bukanlah kita sendiri yang menilai namun para pembaca kita lah yang menilai. Kerahkan keberanianmu dalam menulis. Mulailah dari hal simple seperti menulis diary atau berbagi di social media.

      Jatuh untuk bangkit. Tidur untuk bangun lagi. Hayo jangan tidur terus! Jangan malas-malasan! Kapan bukumu mau terbit?! Orang-orang yang menghina dan membencimu pasti akan selalu ada untuk menjatuhkanmu. Namun selama kau yakin tulisanmu bermanfaat, teruslah menulis.

      Semakin di gali lebih dalam, manusia menyimpan banyak pikiran negatif (sedih, sesal). Jangan hanya di ratapi. Tulis! Buat pikiran negatifmu lebih bermakna.
twitter.com/DeltaSaputraID

Tidak ada komentar:

Posting Komentar