Sabtu, 18 April 2015

"BBM Naik"

     Tanggal 28 Maret kita mendapat pengumuman BBM naik Rp500 padahal tanggal 1 maret pemerintah menaikan BBM sebesar Rp200. Dengan kenaikan BBM ini, sudah pasti diikuti dengan kenaikan harga bahan-bahan pokok.

     Para praktisi ekonomi mengatakan kenaikan harga BBM karena kebijakan pemerintah yang menerapkan sistem mekanisme pasar. Artinya, bila harga minyak dunia menguat otomatis harga BBM juga ikut naik. Padahal pemerintah juga mengatakan kalau ekonomi kita membaik, terus apa korelasinya atau hubungannya.

     Menurut wikipedia Indonesia, ekonomi terbentuk krn kita sebagai pelaku ekonomi melakukan transaksi terhadap barang & jasa. Jika transaksi dilakukan didalam negeri disebut ekonomi lokal, sedangkan antar negara disebut ekonomi global.

     Ekonomi global dan ekonomi lokal saling keterkaitan. Karena itu keduanya saling mempengaruhi. Yang jadi pertanyaan Harga BBM dunia meningkat, kenapa bisa mempengaruhi harga produk dalam negeri?

     Kita tahu, kalau masyarakat kita bergantung pada transportasi pribadi. Otomatis penggunaan BBM untuk transportasi pribadi lebih banyak dari transportasi umum. Sehingga secara tidak langsung harga makanan ikut bergantung pada harga BBM.

     Karena transportasi untuk mengangkut barang dan makanan menggunakan kendaraan pribadi dibanding kendaraan umum. Jadi karena harga minyak dunia meningkat, maka harga jual bbm disini juga meningkat.

     Harga barang dan makanan juga ikut naik, mengikuti harga BBM yang ikut naik. Oleh karena itu kita harus mulai menghemat BBM, dan mulai melakukan penghematan anggaran.
sumber: +NgaturDuit.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar