Sabtu, 04 April 2015

Tips keuangan untuk pengantin baru

1.Komunikasi. Tahukah kamu 70% penyebab argumentasi pasangan adalah urusan uang? Jadi, momen tepat & nyaman memang harus dicari.

2.Atur momen "kencan uang" kamu & pasangan. Kalau saya, suka "kencan uang" di minggu malam & ditemani segelas teh hangat.

3.Sampaikan apa impian masing-masing, apa yang kamu & pasangan anggap penting, jadi prioritas rencana finansial dapat disepakati.

4.Hitung punya aset apa & utang sama siapa. Biasanya, utang sebelum nikah tanggung jawab masing-masing. Tapi, bisa kok disepakati berbeda.

5.Tentukan siapa manajer keuangan di rumah. Paling mudah atur duit jika penghasilan suami isteri digabung. Simple!

6.Tapi jika uang suami milik bersama, uang isteri milik sendiri, maka isteri wajib bikin catatan keuangan sebagai bentuk tanggung jawab.

7.Atur keuangan bulanan dengan membuat alokasi pos pengeluaran. Urutkan dari pengeluaran utama, penting, baru yang diinginkan.

8.Tentukan tujuan finansial. Contoh tujuan: beli rumah tahun depan, liburan ke Bali akhir tahun,dll. Jangan mimpi aja, action!

9.Tujuan finansial yang pasti terjadi: biaya pendidikan (jika punya anak), biaya pensiun (kamu pasti pensiun), & biaya kesehatan.

10.Kamu sudah menikah. Ingat lho, prioritas pengeluaran sekarang adalah keluarga inti - keluarga kandung - keluarga besar :)

11.Pastikan uang angpao pernikahan diinvestasikan untuk tujuan finansial. Boleh kok bulan madu, tapi punya rumah jangan ditunda.

     Atur keuangan pengantin baru itu mudah! Pastikan kamu punya rencana keuangan & selalu bersyukur.
sumber: @PritaGhozie

1 komentar:

  1. saya sendiri benar-benar merasakan kenyamanan dan kelancaran melakukan trading bersama broker ACY ini gan. dimana selama lima bulan saya bergabung saya tidak menemukan kendala dan kesulitan sama sekali menjalankan trading nya. dimana dalam eksekusi sangat cepat sekali, dan juga memiliki spread yang rendah dan tingkat keamanan dana terpercaya dari broker ACY ini. sehingga saya bisa bertahan lama disini gan.

    BalasHapus