Sabtu, 04 Oktober 2014

Ekspresi Nonverbal dari Kekuatan dan Kekuasaan


Dalam kerajaan hewan, ini berkaitan dengan ekspansi. Jadi, Anda membuat diri Anda kelihatan besar, Anda merentang, Anda mengambil tempat lebih besar, pada dasarnya Anda membuka diri. Ini adalah tentang membuka diri. Dan ini nyata terjadi di dunia hewan. Tidak hanya terbatas pada primata. Dan manusia melakukan hal yang sama. Jadi mereka melakukannya baik ketika mereka memiliki kekuatan yang berkesinambungan, maupun ketika mereka merasa kuat sesaat. Dan yang satu ini sangat menarik karena ini benar-benar menunjukkan betapa universal dan tuanya ekspresi kekuatan ini. Ekspresi ini, yang dikenal sebagai kebanggaan, telah dipelajari oleh Jessica Tracy. Dia menunjukkan bahwa orang yang dilahirkan dengan penglihatan dan orang yang buta sejak lahir sama-sama melakukannya ketika mereka memenangkan suatu kompetisi fisik. Jadi saat mereka melewati garis akhir dan menang, walaupun mereka belum pernah melihat orang lain melakukannya. Mereka melakukan ini: Kedua tangan terangkat seperti "V", dagu sedikit diangkat. Apa yang kita lakukan saat kita merasa lemah? Kita melakukan kebalikannya. Kita menutup. Kita membungkus diri kita. Kita membuat diri kita kecil. Kita takut menyenggol orang di sebelah kita. Jadi sekali lagi, baik hewan maupun manusia melakukan hal yang sama. Dan ini yang terjadi bila Anda mempertemukan yang kuat dan yang lemah. Jadi yang cenderung kita lakukan ketika dihadapkan dengan kekuatan adalah kita bereaksi terhadap nonverbal orang lain. Jadi jika ada seseorang yang jauh lebih berkuasa daripada kita, kita cenderung membuat diri kita lebih kecil. Kita tidak meniru bahasa tubuh mereka. Kita lakukan kebalikannya.

Jadi perhatikan perilaku ini di ruang kelas. Lihatlah bahwa mahasiswa benar-benar menunjukkan seluruh rentang kekuatan nonverbal. Jadi ada orang yang seperti karikatur alfa, masuk ke dalam ruangan, mereka langsung ke tengah ruangan bahkan sebelum kelas dimulai, seakan mereka benar-benar ingin menguasai daerahnya. Ketika mereka duduk, mereka seperti membuka lebar. Mereka mengangkat tangan. Yang lainnya ada yang kelihatan menciut ketika mereka memasuki ruangan. Begitu mereka masuk, Anda bisa melihatnya. Anda melihatnya di wajah mereka dan tubuh mereka, dan mereka duduk di kursi mereka dan mereka membuat diri mereka kecil. Saya perhatikan beberapa hal tentang ini. Satu, Anda tak akan terkejut. Hal ini tampaknya berkaitan dengan jenis kelamin. Jadi wanita sangat cenderung untuk melakukan seperti ini dibandingkan pria. Wanita selalu merasa lebih lemah daripada pria, jadi hal ini tidak mengejutkan. Tapi hal lain yang saya perhatikan adalah tampaknya hal ini juga berkaitan dengan sejauh mana para mahasiswa berpartisipasi, dan seberapa baik partisipasi mereka. Dan hal ini sangat penting dalam ruang kelas, karena partisipasi juga dinilai.

Jadi sekolah-sekolah telah bergumul dengan kesenjangan nilai antar jenis kelamin. Anda mendapatkan para wanita dan pria dengan kualifikasi yang setara saat mendaftar dan ketika Anda menemukan kesenjangan dalam nilai, dan tampaknya mungkin sebagian disebabkan oleh perbedaan tingkat partisipasi. Jadi ada orang-orang yang datang, dan mereka berpartisipasi.

Sumber: TED.com , Amy Cuddy: Your body language shape who your are

Tidak ada komentar:

Posting Komentar