Sabtu, 11 Oktober 2014

Orang - Orang yang Mensintesis Kebahagiaan


Kita mensintesis kebahagiaan, tapi kita berpikir bahwa kebahagiaan adalah sesuatu untuk ditemukan. Anda tidak perlu saya memberikan contoh orang mensintesis kebahagiaan, Saya duga, walaupun saya akan menunjukkan beberapa bukti percobaan, Anda tidak perlu mencari bukti jauh-jauh.
 
Saya mengambil koran The New York Times dan mencoba menemukan contoh orang mensintesis kebahagiaan. Dan inilah tiga orang yang sedang mensintesis kebahagiaan. "Anda lebih baik secara fisik, finansial, emosional, mental dan hampir dalam hal lainnya." "Tidak semenit pun menyesalinya. Ini adalah pengalaman yang berharga." "Saya percaya hasilnya adalah yang terbaik."

Siapakah orang-orang yang sangat berbahagia ini? Yang pertama adalah Jim Wright. Beberapa dari Anda cukup dewasa untuk ingat: dia mantan ketua House of Representatives AS. dan dia mengundurkan diri dengan tidak terhormat ketika seorang Republikan muda bernama Newt Gingrich mengetahui tentang transaksi mencurigakan yang dilakukannya. Dia kehilangan segalanya. Demokrat paling kuat di negeri ini,dia kehilangan segalanya. Dia kehilangan uang, kekuasaan, Apa yang dia katakan tentang hal ini bertahun-tahun kemudian? "Saya lebih baik secara fisik, finansial, mental dan hampir dalam hal lainnya."Dalam hal lain apa lagi dia lebih baik? Secara sayur-mayur? Mineral? Hewani? Semuanya sudah tercakup.

Moreese Bickham adalah seseorang yang belum pernah Anda dengar. Moreese Bickham mengucapkan kata-kata ini ketika dibebaskan dari penjara. Dia berusia 78 tahun. Dia menghabiskan 37 tahun di Penjara Negara Bagian Louisiana untuk sebuah kejahatan yang tidak dia lakukan. Dia akhirnya terbukti tidak bersalah, di usia 78 tahun, lewat bukti DNA. Dan apa yang dia katakan tentang pengalaman ini? "Tidak semenit pun saya menyesalinya. Ini adalah pengalaman yang mulia." Mulia! Dia tidak bilang, "Yah, tahu sendiri, ada beberapa orang baik. Ada gymnya." "Mulia," sebuah kata yang umumnya dipakai untuk suatu pengalaman beragama.

Harry S. Langerman mengucapkan kata-kata ini, dan dia adalah seseorang yang mungkin Anda bisa tahu tapi tidak, karena di tahun 1949 dia membaca artikel kecil di koran tentang kios hamburger milik dua bersaudara yang bernama McDonalds. Dia berpikir, "Ini ide yang sangat baik!" Jadi dia mendatangi mereka. Mereka bilang, "Anda boleh beli waralaba ini untuk 3.000 dolar." Harry kembali ke New York, meminta tolong saudaranya seorang investor di bank untuk meminjamkan 3.000 dolar untuk dia. dan kata-kata saudaranya adalah, "Idiot kamu, tidak ada orang yang makan hamburger." Dia tidak meminjamkan uang itu, dan tentu saja, 6 bulan kemudian Ray Croc memiliki ide yang persis sama. Ternyata orang-orang memang suka makan hamburger, dan Ray Croc, untuk beberapa saat, menjadi orang terkaya di Amerika.

Dan akhirnya -- anda tahu, di seluruh dunia -- Sebagian dari anda mungkin pernah melihat foto Pete Best yang masih muda, dia adalah pemain drum asli The Beatles, sampai suatu hari mereka menugaskan dia melakukan sesuatu dan kabur dan mengajak Ringo dalam suatu tour. Nah, tahun 1994 waktu Pete Best diwawancara -- memang dia masih menjadi pemain drum; memang dia seorang musisi studio -- dia bilang seperti ini: "Saya lebih bahagia daripada kalau saya tetap jadi anggota the Beatles."

Oke. Ada sesuatu yang penting yang dapat kita pelajari dari orang-orang ini, dan sesuatu itu adalah rahasia kebahagiaan. Inilah dia, akhirnya terungkap. Pertama: kumpulkan kekayaan, kekuasaan, dan prestise, lalu lepaskan semuanya itu. Kedua: sebisa mungkin habiskan kebanyakan hidup anda di penjara. Ketiga: jadikan orang lain sangat, sangat kaya. Dan terakhir: jangan pernah gabung dengan the Beatles.

OK. Sekarang, seperti Ze Frank, dapat mengira apa yang ada di pikiran kita, yaitu: "Masa sih?" Karena ketika orang mensintesis kebahagiaan, seperti layaknya orang-orang ini, kita semua tersenyum, tetapi kita memutar bola mata dan berkata, "Masa sih, Anda tidak benar-benar mau pekerjaan itu." "Masa sih. Anda tidak punya banyak persamaan dengan dia, dan Anda baru sadar begitu dia melemparkan cincin tunangannya ke muka Anda."

Sumber: TED.com , Dan Gilbert: The surprising science of happiness

Tidak ada komentar:

Posting Komentar