Sabtu, 19 September 2015

3 Langkah Sederhana Berinvestasi



Hasil gambar untuk investasiSeperti diketahui, investasi adalah bagian penting dari proses keuangan pribadi. Investasi harus dijadikan prioritas karena investasi akan mempengaruhi seperti apa masa depan kita kelak. Berbeda dengan utang yang adalah pengeluaran saat ini untuk kenikmatan yang lalu. Maka investasi adalah pengeluaran saat ini untuk kenikmatan kelak. Itulah mengapa untuk mereka yang senangnya instan dan mau semua serba cepat, sering kali investasi bukanlah hal yang menyenangkan.

Banyak teori tentang investasi, tapi secara sederhana investasi bisa diartikan sebagai tindakan yang kita lakukan untuk menambah kekayaan yang kita miliki. Jadi ketika kita menggunakan penghasilan kita untuk investasi maka kita akan menjadi kaya. Selain untuk investasi, tidak akan membuat kita kaya.

Bicara investasi, semua orang ingin investasi tapi sangat jarang yang bisa menikmati prosesnya. Pernah dijumpai, seorang ibu yang tetap tersenyum saat tidak harus jual rumah saat anaknya masuk kuliah, tidak pernah berkeluh kesah bagaimana selama 10 tahun harus sabar mengelola investasinya. Masalahnya, banyak yang ingin dapat membayar uang kuliah anak tepat waktu seperti ibu tadi tapi tidak mau merasakan 10 tahun persiapannya. Itulah mengapa investasi adalah proses, bukan hasil akhir.

Melakukan investasi tidak harus rumit. Dalam setiap seminar tentang investasi, menyebutnya dengan investment 1-2-3 atau investasi 1-2-3. Yaitu 3 langkah mudah dan sederhana untuk berinvestasi.

Hasil gambar untuk tujuanLangkah pertama yaitu: TUJUAN. Seperti yang dikatakan, investasi adalah proses untuk mencapai tujuan dan bukan tujuan itu sendiri. Ada 3 jenis tujuan yang membutuhkan alat investasi yang berbeda-beda.
Jangka pendek, maka konsentrasi kita adalah pada likuiditas. Jadi kalau ada orang yang mengharapkan hasil tinggi untuk jangka pendek, maka dia bukan investasi tapi judi.

Beberapa produk yang likuiditasnya bagus adalah: deposito, tabungan, reksadana pasar uang, obligasi dan sebagainya. Emas, property, sebenarnya bisa saja kita sebut likuid, masalahnya saat dilikuidasi produk tadi tidak menjamin memberi pengembalian dana kita. Artinya untuk jangka pendek hasil hanyalah pemanis dari keamanan dan likuidnya asset kita.

Hasil gambar untuk risikoLangkah yang ke-2 adalah: RISIKO. Ketika memilih produk sesuaikan juga profil risiko kita dengan produk pilihan. Banyak form isian untuk menilai profil risiko. Tapi biasa menggunakan tujuan dan usia sebagai pengukur risiko.

Tujuan jangka panjang memiliki risiko lebih rendah dari tujuan jangka pendek. Dan usia muda memiliki risiko lebih rendah dari yang tua. Artinya makin panjang tujuan carilah produk yang memberi hasil maksimal. Sebaliknya untuk tujuan pendek carilah produk dengan likuiditas tinggi. Usia muda juga jangan banyak memakai produk risiko rendah, tapi cari yang hasilnya tinggi walau risiko juga tinggi.

Hasil gambar untuk kenali produk investasiLangkah ke3: KENALI PRODUKNYA. Sama seperti perjalanan, tahu tujuannya, tahu batasannya, maka pilih juga kendaraan yang tepat untuk mencapainya. Dan berikut juga adalah 3 hal penting dalam memilih produk investasi, yaitu:

Analisa hasilnya. Hasil tinggi maka risiko juga tinggi, artinya cocok untuk tujuan jangka panjang.
Pelajari cara kerjanya. Jangan pernah masuk produk yang hanya kasih penawaran hasil tapi tidak menjelaskan cara kerjanya. Produk hasil tinggi memberi hasil dari proses jual beli bukan bunga. Jadi kalau produk tersebut memberi bunga tetap dan tinggi tanpa jelas cara kerjanya, sebaiknya hati-hati.

Hasil gambar untuk legalitasTerakhir, legalitasnya. Produk bagus adalah produk yang legal. Dalam dunia keuangan produk tadi harus jelas berada dibawah naungan departemen apa di Indonesia. Ketika dia menyebut perusahaan investasi, maka dia harus ada dalam pengawasan otoritas jasa keuangan. Jangan percaya dengan sekedar ijin usaha atau bahkan surat keterangan yang berasal dari negara lain.

Jadi untuk melakukan investasi mudah saja; miliki tujuan, pilih produk sesuai tujuan & pertimbangkan profil risiko. So friends, selamat berinvestasi. Just do 1-2 and 3. :) Untuk 3 Langkah Sederhana Berinvestasi disudahi dulu. Sampai bertemu kembali!

sumber : @kokiduit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar