Sabtu, 05 September 2015

Kebutuhan Kesehatan Kita



Hasil gambar untuk kesehatan kitaKesehatan adalah biaya yang paling menggerogoti aset. Salah satu lembaga kanker pernah membuat perhitungan bahwa mereka yang terkena kanker 85% menjadi miskin. Artinya, dari 100 orang yang terkena kanker, 85 orang diantaranya jatuh miskin. Yang membuatnya semakin buruk, kondisi tadi tidak diikuti dengan penyembuhan. Karenanya salah satu cara menanggulangi jatuh miskin karena sakit adalah selalu sehat.

Cara paling mudah untuk sehat adalah dengan tetap berlaku hidup sehat. Sudah paling mudah, jangan dibilang sulit :) Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mentransfer risiko tadi ke pihak lain. Asuransi bukan membayar harga sakit kita, tapi menggantikan jumlah dana yang terpaksa harus hilang karena sakit.

Ada 2 jenis asuransi kesehatan yang biasa ditawarkan, yaitu sistem penggantian dan sistem santunan. Penggantian artinya asuransi akan mengganti sejumlah dana yang hilang akibat sakit, asalkan tidak lebih dari jumlah maksimal perjanjian. Santunan adalah ketika asuransi memberikan bantuan sejumlah dana dengan jumlah tertentu bila kita terkena risiko.

Bedanya apa? Paling utama adalah penggantian tidak boleh double claim, sedang santunan memungkinkan double claim. Dengan demikian klausa santunan akan menjadi lebih luas. So, biasanya sih dengan jumlah pertanggungan sama, maka premi santunan agak lebih mahal.

Bagaimana menentukan pertanggungan kesehatan? Mudahnya adalah dengan menentukan berapa besar kebutuhan kita. Untuk penyakit kritis kita bisa menggunakan historical besaran biaya yang dihabiskan karena terkena penyakit kritis tadi. Misalnya, ada kenalan yang terkena satu penyakit kritis dan nilai yang harus dikeluarkan A rupiah, maka kita bisa menggunakan angka A tadi sebagai besaran nilai pertanggungan. Bila rawat inap, kita harus menentukan kelas mana yang akan kita ambil. Bila kelas VIP maka pertanggungan juga kelas VIP.

Memilih perusahaan asuransi juga harus benar. Selain perlindungan yang ditawarkan, juga harus dilihat bagaimana pelayanan yang ditawarkan. Beberapa perusahaan asuransi sangat ketat dengan rumah sakit yang boleh didatangi pesertanya sebagai rujukan. Ada lagi yang tidak ketat sehingga kita bisa datang ke rumah sakit mana saja. Mana yang dipilih? Saran : pilih yang dekat rumah dan dekat dengan tempat kerja karena sebagian besar waktu kita habis di dua lokasi itu.

Beberapa asuransi menawarkan proteksi kesehatan sebagai rider atau tambahan dari manfaat lain misalnya: jiwa. Hal ini tidak masalah karena yang terpenting adalah pertanggungan kesehatannya sesuai dengan kebutuhan kita. Strategi terbaik bila hal ini terjadi adalah mengambil asuransi jiwa dengan pertanggungan minimal dan meminta proteksi kesehatan sesuai kebutuhan kita.

Namun ada juga sih asuransi kesehatan yang bersifat term; Ya pastinya akan lebih murah total preminya karena kita tidak bayar premi untuk jiwa. Ada juga asuransi kesehatan yang bersifat endowment, yaitu memberi tambahan manfaat tabungan atau bahkan link dengan tambahan manfaat investasi. 

Singkat kata, yang terpenting di antara semuanya adalah asuransi tadi harus bisa mengcover kebutuhan kesehatan kita. Jadi harus cermat dalam pemenuhan hal yang berhubungan dengan kesehatan Anda dan keluarga :)

sumber : @kokiduit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar