Sabtu, 12 September 2015

Merencanakan Masa Pensiun

Hasil gambar untuk masa pensiunMerencanakan keuangan keluarga adalah kebiasaan baik yang dapat membuat hidup Anda dan keluarga lebih sejahtera. Salah satu hal yang sangat penting namun sering terlupakan adalah merencanakan masa pensiun kita kelak.

1 dari 2 orang usia kerja mengatakan perencanaan pensiun yang tak dimulai sejak dini membuatnya tak siap menghadapi masa pensiun. 1 dari 3 pensiunan menyesal tidak merencanakan masa pensiun sejak dini. Menjelang masa pensiun, 1 dari 2 orang khawatir tidak punya cukup uang untuk hidup nyaman setelah pensiun.

Hanya 43 persen masyarakat di Indonesia yang sudah menyiapkan masa pensiunnya. 34 persen uang mereka disimpan dalam bentuk tabungan dan deposito bank yang memberikan imbal hasil relatif kecil. Sejak usia produktif, sebaiknya pikirkan darimana penghasilan untuk membayar biaya hidup saat kita tidak lagi aktif bekerja. 

Usia dimulainya pensiun bagi setiap individu bisa berbeda-beda, dari mulai 45 tahun hingga 60 tahun. Tetapi, secara umum di Indonesia pensiun dimulai saat usia 55 tahun. Apabila kita masih hidup dari usia 55 tahun hingga 75 tahun, maka selama 20 tahun harus dipikirkan bagaimana mendanai hidup. Apalagi untuk keluarga yang memiliki gaya hidup tinggi, pasti tidak ada yang mau menurunkan standar di masa pensiunnya kelak.

Sebagai contoh bila memiliki penghasilan bulanan Rp 20 juta. Lalu, setiap bulan digunakan untuk biaya hidup sebesar Rp 15 juta. Jika menggunakan asumsi kenaikan harga 10% per tahun, maka biaya hidupnya akan menjadi Rp 100 juta per bulan. Atau sekitar Rp1.2 milyar setahun dalam 20 tahun mendatang. Artinya, jika ingin mempertahankan standar biaya hidup, kita harus punya aset yang setara Rp 29 milyar agar pensiun nyaman.

Target untuk memenuhi kebutuhan pensiun dalam perencanaan keuangan disebut dengan istilah dana pensiun. Kita bisa ikut program dana pensiun dari berbagai lembaga keuangan. Atau bisa juga mempersiapkannya sendiri dengan cara membuat racikan investasi.

Setiap keluarga bisa jadi akan punya perencanaan dana pensiun yang berbeda. Tak ada salahnya mempersiapkan dana pensiun dibantu oleh ahli perencana keuangan untuk cross-check atau pun membuat dari nol. Yang penting perencanaan pensiun sebaiknya dimulai dari sekarang. Semakin cepat mempersiapkan, maka semakin sedikit beban investasi yang dibutuhkan.

sumber : +ZAPFinance TV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar