Sabtu, 26 September 2015

Kerja atau Usaha

Hasil gambar untuk baru lulus kuliahBagi yang baru lulus kuliah atau sedang mencari kerjaan sambilan pasti banyak yang bingung mau kerja atau usaha. Dan hal ini bukan dilema sedikit orang tapi banyak orang, karena sekarang persaingan masuk kerja dan dunia usaha makin ketat.

Lalu apa yang bisa Anda lakukan? Pertama kita pelajari dulu kelebihan dan kekurangan bekerja dan usaha.

Hasil gambar untuk bekerjaAda beberapa kelebihan bekerja, yang pertama keuangan bulanan lebih terjamin, karena sesulit-sulitnya perusahaan akan rutin bayar gaji. Kedua ada fasilitas dari kantor seminim-minimnya dapat BPJS ketenagakerjaan buat tabungan dan kesehatan. Untuk perusahaan bonafit ada bonus tahunan diluar THR, ada juga perusahaan yang memberikan mobil dinas, dll. Kekurangan bekerja adalah waktu terikat oleh jam kantor, dapat uang hanya akhir bulan, juga tidak bebas bepergian.

Hasil gambar untuk pengusahaSetelah mengetahui kelebihan dan kekurangan bekerja, sekarang kita lihat kelebihan dan kekurangan usaha. Kelebihan usaha yang pertama adalah penghasilan, waktu dan fasilitas semua anda yang atur. Yang kedua, waktu lebih fleksibel maka lebih mudah untuk membuat keputusan yang bersifat mendadak dan bisa mengatur waktu.

Namun usaha juga memiliki kekuarangan, pertama kita sering terlena dengan uang ditangan sehingga lebih mudah habis. Yang kedua karena waktu lebih fleksibel sering kita terlena dan bersantai-santai sampai kehabisan waktu.

Sekarang bagaimana kalau keduanya? Tidak salah, tapi apakah kantor tidak komplain kalau Anda keseringan mengurus usaha? Walaupun usahanya diluar jam kantor, apa tidak mengurangi jam istirahat Anda? Sehingga mengurangi kinerja di kantor.

Pikirkan juga pengelolaan keuangan Anda, apakah jadi tambah terbebani dengan adanya usaha? Karena itu baik bekerja atau usaha, keduanya butuh perencanaan dan keduanya bisa saling melengkapi atau mengganggu. Karena itu sebelum mulai, buat anggaran dulu, lihat waktu dan lihat keuangan Anda.

Seperi halnya membuat rumah, buat perencanaan dulu, jangan setengah jadi ternyata uangnya habis.

sumber : +NgaturDuit.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar