Sabtu, 05 September 2015

Keuangan Untuk Para Ayah

Hasil gambar untuk keuangan untuk para ayahSeorang Ayah memiliki peranan sangat besar dalam hal finansial keluarga. Berikut ini adalah 5 hal yang menjadi prioritas untuk dimiliki para Ayah dalam perencanaan keuangan keluarga.

1. Asuransi Jiwa. Ayah adalah pencari nafkah utama dalam keluarga. Pastikan Ayah punya jumlah uang pertanggungan yang memadai dalam bentuk asuransi jiwa murni. Jangka waktu yang harus tercakup adalah sejak berkeluarga hingga anak terakhir berusia 21 tahun.

2. Dana pensiun. Siapa pun pasti ingin mempertahankan standar hidupnya meski sudah tidak aktif bekerja. Setidaknya 10% harus diinvestasikan dari penghasilan Ayah setiap bulan.

3. Punya pos pengeluaran pribadi. Statistik mengatakan 84% keuangan rumah tangga dipegang oleh isteri. Meski demikian, para Ayah juga membutuhkan kebebasan untuk membelanjakan penghasilannya, terutama untuk hobi. Sediakan pos belanja Ayah yang besarnya 2.5% dari penghasilan.

4. Asuransi atas aset. Jika ada rumah dan kendaraan, Ayah wajib memiliki asuransi umum untuk melindungi harta keluarga seperti rumah dan kendaraan.

5. Tidak mengagunkan rumah keluarga untuk usaha. Percaya atau tidak, di masa keuangan sulit, kadang opsi mengagunkan sertifikat rumah untuk mendapatkan pinjaman jadi pilihan. Hal ini sangat berbahaya, karena jika kredit macet keutuhan keluarga bisa menjadi taruhan.

Nah setelah tahu pos untuk Ayah ini, semoga keuangan kita semua selalu berprogres jadi lebih baik.
sumber : +ZAPFinance TV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar