Sabtu, 14 November 2015

Bagaimana Cara Mengelola Gaji Minim?

Hasil gambar untuk gaji minimBanyak artikel dengan topik mengelola gaji karyawan diatas 3 juta, padahal masih banyak karyawan dengan gaji dibawah 3 juta. Trus yang gajinya dibawah 3 juta apa bisa hidup dengan "wajar"? Jawabannya adalah "Bisa".

Pertama kita buat dulu anggaran dengan format 50-30-10-10. Yaitu, 50% untuk biaya hidup, 30% untuk bayar hutang, 10% untuk lifestyle, dan 10% untuk sumbangan. Jadi kalau gaji 3 juta maka total biaya hidup kita perbulan 1,5 juta sisanya untuk kontrakan.

Nah, supaya kita bisa makan cukup dengan 600-750 ribu per bulan maka kita perlu siasatin, jangan sering makan diluar. Kita bisa mulai belajar masak, dari yang simple dulu aja misal masak nasi dan masak lauk yang mudah.

Untuk kontrakan cari yang dekat dengan halte atau stasiun, sehingga bisa jalan kaki kesana dan bikin kita sehat.

Untuk ongkos, jangan pakai kendaraan pribadi. Atau gunakan alat transportasi umum.

Hasil gambar untuk lifestyleHutang 30% berarti kita ada 900 ribu perbulan, kalau punya kartu kredit 900 ribu berarti kita punya kartu kredit 8 juta an perbulan. Kalau mau lebih sehat kurangi 30% dari hutang jadi 20% dan masukan sisanya untuk investasi.

Nah, sekarang lifestyle 10% jadi 300 ribu bisa digunakan untuk having fun seminggu sekali. Atau, kita bisa gunakan untuk healthy lifestyle, 300 ribuan per bulan untuk nge-gym, bisa bikin badan sehat.

Dan jangan lupa, 10% terakhir kita berikan untuk sumbangan atau kegiatan sosial lainnya. Sehingga balance hidup kita.

Jadi??? Buat mereka yang dapat penghasilan pas-pas an, jangan kuatir, selalu ada anggaran yang bisa kita nikmati 

sumber : +NgaturDuit.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar