Selasa, 10 November 2015

Long Weekend Planning



Salah satu kesalahan yang paling sering terjadi di keuangan adalah menjadikan sesuatu yang tidak benar menjadi benar. Hal ini biasanya terjadi karena kita terbiasa atau kita menganggap kesalahan ini menjadi sesuatu yang normal terjadi.

Misalnya kartu kredit tidak harus bayar lunas. Investasi yang tidak memperdulikan tujuan. Proteksi yang penting ada tanpa tahu berapa pertanggungannya, adalah beberapa hal sepele yang sebenarnya salah tapi tetap kita lakukan karena menjadi kebiasaan.

Salah satu kebiasaan itu adalah long weekend harus boros :)

Hasil gambar untuk long weekendLibur panjang melepas stress dan menyenangkan anggota keluarga yaitu anak dan istri adalah alasan yang sering dipakai. Pada beberapa orang kesempatan ini bisa berarti habisnya dana untuk setengah bulan dalam 3 atau 4 hari libur.

Padahal kalau kita mau sedikit meneliti, harga-harga saat long weekend biasanya lebih mahal. Bukan harganya naik, tapi harga tadi sama sekali tidak boleh turun. Jadi istilahnya price tetap tapi valuenya turun. Kalau hari biasa boleh tawar saat weekend tidak boleh goyang.

Sebenarnya ini tidak masalah sih… Hanya saja kalau kita sedikit hitung, kelebihan tadi jika disaving mungkin sudah lumayan. Itulah mengapa seringkali weekend menjadi hari yang lebih boros dibandingkan hari biasa.

Lalu bagaimana mengantisipasinya?

Pertama buat target anggaran, pastikan berapa yang harus habis saat weekend, ambil 10% lebih sebagai cadangan.

Kedua rencanakan kegiatan. Kegiatan yang kita lakukan sangat mempengaruhi biaya yang akan keluar.

Ketiga, belanja di tempat fixed price, jangan variable. Sebab yang fixed lebih mudah diantisipasi harganya.

Dan jangan lupa, tidak ada salahnya untuk membuat catatan dan mengevaluasi tiap akhir weekend tadi.

Kalau berlebih, maka setelah weekend lakukan pengetatan biaya. Sebab jangan sampai long weekend membuat anggaran bulanan jebol. So friends, selamat menikmati long weekend bersama orang-orang terkasih.

sumber : @kokiduit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar