Minggu, 29 November 2015

Investasi Bagi Perempuan

Hasil gambar untuk investasi bagi perempuan kartun

Misalkan Anda saat ini berusia 30 tahun dan punya penghasilan gabungan sebesar Rp. 10 juta. Anggaplah Anda rajin menabung 10% dari gaji bulanan, alias Rp. 1 juta kedalam tabungan dengan imbal hasil 5% per tahun. Di usia 55 tahun, saldo dana pensiun Anda akan menjadi Rp. 644 juta. Jumlah yang cukup lumayan, bukan?

Jika ekspektasi hidup hingga usia 70 tahun, dana itu hanya membiayai pengeluaran sebesar Rp. 250 ribu setara nilai masa kini. Tanpa punya kesadaran untuk berinvestasi, hampir mustahil Anda dan pasangan dapat hidup nyaman tanpa beban di masa pensiun.

Sebenaranya ragam aset investasi yang dapat dipilih oleh perempuan cukup banyak. Namun keterbatasan pengetahuan dan juga modal investasi, maka salah satu produk terbaik adalah dengan menggunakan reksa dana.

Misalnya berinvestasi sebesar Rp. 1 juta setiap bulan ke reksa dana saham dengan potensi imbal hasil rata-rata 18% per tahun. Hal ini dilakukan secara konsisten selama 15 tahun, maka saldo aset investasi yang akan terbentuk adalah Rp. 905 juta.

Untuk yang baru mulai berinvestasi, lebih disarankan untuk menggunakan reksa dana campuran berimbang selama 3 tahun pertama. Baru kemudian mulai membeli reksa dana yang sifatnya lebih agresif.

Meraih kesejahteraan dalam keluarga memang bukan hanya tugas kaum perempuan, melainkan tanggung jawab bersama. Banyak yang harus dilakukan untuk membantu perempuan dalam tercapainya kesejahteraan keuangan keluarga dalam jangka panjang. Namun, jangan tunda lagi, cobalah segera. Mumpung kesempatan masih ada.

sumber : +ZAPFinance TV 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar