Sabtu, 21 November 2015

Perlukah Berhutang

Sebenarnya utang itu apa sih? Dan apa utang itu perlu?

Hasil gambar untuk hutang Utang ada 2 arti, pertama uang yang dipinjam dari orang lain, yang kedua kewajiban membayar kembali yang udah diterima. Jaman sekarang utang tidak hanya berupa uang, tapi juga bisa berupa aset, sertifikat, ekuitas, dll.

 Nah, sekarang masuk ke pertanyaan tentang Utang, Perlu Gak Sih? Jawabannya bisa ya dan tidak.

Kadang kita sering berpikir negatif tentang hutang. Karena hutang di identikan dengan kita tidak sanggup membeli sesuatu. Ada juga yang mengatakan, kalau tidak sanggup kenapa harus berhutang?

 Bila membeli barang yang sifatnya kebutuhan, maka tidak selamanya bisa kita tunggu hingga tercukupi. Misal, rumah. dengan harga yang ratusan juta, apakah kita akan tunggu sampai dana tercukupi baru kita beli rumah? Kalau sudah begitu, maka utang juga diperlukan.

 Tapi, walaupun begitu, bukan berarti utang-utang yang untuk kebutuhan ini bisa selama menjadi “utang yang perlu. Utang yang perlu, bisa juga "utang yang produktif" karena cicilan bisa dibayar dengan hasil usaha. Bahkan utang untuk usaha pun, bisa menjadi “utang yang tidak perlu atau tidak produktif”.

Berbeda dengan properti, misal rumah, meski hanya untuk kita tinggali, karena nilai rumah meningkat setiap tahunnya. Maka, sebelum kita berutang, buat perencanaan dan tujuan, untuk apa utang tersebut kita gunakan? Kemudian kelola resiko jika utang kita tiba-tiba menjadi tidak produktif.

sumber : @ngaturduit.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar