Selasa, 10 November 2015

Inflasi

Sekarang akan membahas komponen dalam analisa fundamental di mata uang. Karena kita berada di Indonesia, maka kita akan lihat pengaruh data fundamental ini terhadap Rupiah.

Hasil gambar untuk inflasiYang pertama akan kita bahas adalah inflasi.

Inflasi adalah meningkatnya harga barang dan jasa secara umum dalam suatu waktu. Karena harga meningkat maka tiap unit mata uang hanya sanggup membeli dalam jumlah yang sedikit. Dengan kata lain, meningkatnya inflasi membuat rupiah melemah.

Inflasi juga berdampak pada menurunnya daya beli masyarakat. Dampak buruk dari inflasi adalah bisa mengganggu investasi dan mengurangi simpanan uang. Dan parahnya lagi, jika inflasi terlalu tinggi bisa membuat cemas masyarakat akan dana yang mereka miliki dimasa depan.

Salah satu dampak baik inflasi adalah, memberi kesempatan masyarakat untuk membelanjakan dan menginvestasikan uangnya. Belanja investasi ini bagus untuk menggerakan ekonomi.

Bila inflasi terlalu tinggi maka Bank sentral atau BI biasanya akan menaikan suku bunga, guna menjaga inflasi. Sayangnya tingkat suku bunga yang tinggi, maka akan memperlambat laju ekonomi. Karena orang akan lebih senang menyimpan dananya di perbankan daripada dipakai untuk usaha.

sumber : +NgaturDuit.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar