Selasa, 10 November 2015

Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Apakah Anda sudah gajian? Berapa gaji Anda? Dan apakah bisa membeli rumah serta mobil? Saat berkeluarga, berbagai kebutuhan hidup kerap kali membuat kita kesulitan untuk mengatur penghasilan. Apalagi saat dihadapkan dengan situasi membeli rumah tinggal atau membeli mobil terlebih dahulu.

Statistik mengatakan: untuk hidup nyaman di DKI Jakarta, sebuah keluarga dengan 2 anak membutuhkan biaya Rp. 7 juta/bulan. Apabila penghasilan yang masuk ke rumah tangga sebesar ini, sebenarnya bisa loh kita memiliki rumah dan mobil sekaligus! Caranya, simak tips berikut ini ya!

Hasil gambar untuk rumah tangga

1. Kondisikan anggaran rumah tangga.
Kita harus membuat penghasilan ini cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sekaligus tetap mencicil rumah dan mobil. Secara umum, cicilan utang sebaiknya hanya sebesar 30%-35% dari penghasilan. Artinya, kita harus sanggup membagi Rp. 2,4 juta untuk cicilan mobil dan motor.

2. Alokasikan cicilan.
Porsi pembayaran cicilan rumah seharusnya lebih besar dibandingkan cicilan mobil. Hal ini karena mobil merupakan kebutuhan tingkat kedua. Kita pun masih punya alternatif menggunakan kendaraan umum. Porsi ideal pembagiannya adalah maksimal Rp. 1,4 juta untuk cicilan rumah dan Rp. 1 juta untuk cicilan kendaraan.

3. Menyesuaikan pembelian rumah.
Sebelum mengambil fasilitas kredit perumahan, kita sebaiknya melakukan window shopping ke berbagai bank. Tanyakan ilustrasi berapa jumlah pinjaman yang dapat diambil dengan kondisi cicilan yang kita mampu. Dengan suku bunga 8% per tahun, maka cicilan Rp. 1,4juta dapat pinjaman sebesar Rp. 150 juta dengan tenor 15 tahun. Nah, tugas kita adalah mencari rumah tinggal yang cocok dengan kemampuan finansial.

4. Menyesuaikan pembelian kendaraan.
Dengan asumsi tingkat suku bunga 6% per tahun, maka pinjaman kendaraan yang mampu diambil sebesar Rp. 55 juta. Serupa dengan pembelian rumah tinggal, maka kita juga harus menyesuaikan bujet untuk pembelian mobil. Artinya, jika harga mobil sebesar Rp. 100 juta, kita harus punya uang muka sebesar Rp. 45 juta.

5. Menentukan prioritas.
Ternyata tidak memungkinkan untuk melakukan cicilan pembelian secara bersamaan? Maka, kita harus berdiskusi dengan pasangan mengenai kemampuan finansial dan prioritas untuk mewujudkan impian.

Secara umum, selalu menganjurkan untuk mendahulukan pembelian rumah tinggal karena harganya naik terus. Sedangkan, untuk kendaraan, selama pabrik mobil masih berdiri, kita punya kesempatan di masa depan untuk membeli kembali.

Jadi, tidak perlu pusing lagi ya untuk mengatur keuangan rumah tangga kita. Yang paling penting, pahami prioritas kebutuhan hidup dan jangan membeli diluar kemampuan finansial.

sumber : +ZAPFinance TV 

1 komentar:


  1. Thanks infonya menarik banget. Oiya, saya juga mau share nih tentang tips ampuh agar keluarga bisa hidup sejahtera. Temen-temen bisa lihat rahasianya di sini: trik jitu keuangan rumah tangga

    BalasHapus