Sabtu, 29 Agustus 2015

Menghitung Jumlah Ideal Dana Darurat

Hasil gambar untuk dana daruratDalam perencanaan keuangan, dana darurat memiliki peranan sangat penting terutama untuk keluarga. Kebutuhan mendesak, musibah, dan kejadian lain bisa datang kapan saja. Apakah Anda sudah siap dengan dana daruratnya? Berikut cara menghitung jumlah ideal dana darurat untuk keluarga.

1. Jumlah tanggungan. Semakin banyak jumlah tanggungan (pasangan, anak, orang tua, atau keluarga lain), maka semakin besar kebutuhan dana darurat. Hitunglah satu tanggungan butuh 1/5 dari pengeluaran rutin bulanan.

2. Besaran rumah & kendaraan. Semakin besar dan banyak jumlah rumah serta kendaraan yang Anda miliki, maka Anda butuh dana darurat yang lebih besar. Hitunglah berapa besar pengeluaran Anda untuk servis dan perawatan rumah di tahun lalu?

3. Besaran gaji rutin bulanan. Semakin besar gaji bulanan, maka dana darurat Anda sebaiknya semakin besar. Apabila terkena PHK atau tidak ada penghasilan selama sekian bulan, Anda tetap harus membayar sekolah dan listrik, bukan?

4. Kebutuhan khusus. Bagi orang tua yang dianugerahi anak berkebutuhan khusus, atau menderita penyakit tertentu, perbesarlah jumlah dana darurat.

Setiap keluarga memiliki besar dana darurat yang berbeda. Dan harus disiapkan sedini mungkin.
sumber : +ZAPFinance TV 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar