Sabtu, 22 Agustus 2015

Tips Memilih Pinjaman Rumah

Hasil gambar untuk pinjaman rumahBagi yang akan maupun sudah berkeluarga, membeli rumah tinggal merupakan kebutuhan utama. Untuk mewujudkannya kerap membutuhkan bantuan pinjaman. Baik berupa KPR maupun dana tunai. Ada 5 hal yang perlu diperhatikan saat memilih pinjaman rumah.

1. Metode perhitungan suku bunga. Hitungan ini sangat penting, karena akan menentukan berapa jumlah biaya bunga yang dibayarkan diluar pengembalian pinjaman.

2. Jenis suku bunga. Suku bunga efektif adalah rujukan utama dalam perhitungan biaya bunga. Suku bunga flat 6% per tahun = suku bunga efektif 11% per tahun!

3. Suku bunga tetap atau mengambang? Tentu saja pilihan yang lebih baik adalah fixed rate. Pahami cicilan pinjaman Anda akan sama jumlahnya selama durasi pinjaman. Padahal, gaji Anda meningkat setiap tahun kan?

4. Biaya administrasi, asuransi, dan provisi. Anda bisa lakukan negosiasi untuk biaya-biaya ini kepada pihak Bank.

5. Opsi membayar lunas dipercepat. Cari tahu apakah pinjaman rumah dari bank punya opsi untuk pelunasan dipercepat. Jika iya, pilih yang biaya penaltinya terkecil.

Nah semoga jika 5 hal tadi sudah Anda perhatian dengan baik, tidak ada lagi merasa rugi saat membayar cicilannya ya friends!
sumber : @PritaGhozie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar