Selasa, 05 Januari 2016

Tips Mempersiapkan Trading Plan



Hasil gambar untuk mempersiapkan trading planBagaimana kehidupan seorang trader saham professional? Apakah harus sepanjang hari melototin monitor ?
Seorang trader, tidak harus selalu melototin monitor, kecuali ia adalah seorang daytrader.

Banyak trader punya banyak waktu luang. Di tengah aktivitas trading, kita tetap bisa melakukan aktivitas lain. Bill Williams, Jesse Livermore, Nicholas Darvas jarang online saat pasar buka. Lalu bagaimana caranya trading? 

Trader dapat MEMPERSIAPKAN TRADING PLAN ketika pasar masih tutup! Caranya ? 
Tidak seperti bayangan banyak orang, di mana trader saham menghabiskan banyak waktu untuk melototin layar, Kita hanya perlu 30 menit-1 jam untuk mempersiapkan transaksi sebelum pasar buka. 

Setiap malam, sebelum pasar buka, ada trader yang melakukan analisis teknikal dengan membaca pola grafik. Jika ada saham yang bagus, dan sinyal-sinyal teknikal mendukung, keesokan harinya kita bisa pasang order beli. 

Sekalipun setiap malam menganalisa kondisi pasar saham, hal ini tidak berarti Anda harus membeli saham tiap hari. Terkadang, Anda cukup mengamati saham-saham yang sudah Anda beli & lihat perkembangannya lewat grafik. Jika sudah ada sinyal jual dalam grafik, keesokan harinya Anda bisa pasang order jual / pesan jual saham ke broker. 

Pasar saham memungkinkan Anda trading sambil bekerja / melakukan aktivitas lain! Jika Anda bukan daytrader, Anda bisa membeli saham dan menjualnya dalam beberapa hari ke depan/beberapa minggu.
Dengan fokus pada beberapa jenis saham saja, Anda tidak akan kerepotan untuk mengawasinya. Di sela-sela waktu trading, Anda bisa belajar, dan berbagi ilmu trading dengan trader lain. 

Jika Anda seorang swing trader, rata-rata gain yang diperoleh 1-5% dengan timeframe 2 minggu. Jika Anda seorang position trader, Anda bisa memperoleh 20-60% dalam 2 bulan hingga 4 bulan (variatif). Jadi, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk memelototi monitor. 

Sebaliknya, habiskan lebih banyak waktu untuk belajar dan menguji system trading, dan juga mengevaluasi kesalahan jika ada. Sharing / berbagi ilmu dengan teman trader lain adalah bagian dari pembelajaran trading yang sangat bagus. Jika memungkinkan, bantulah trader lain untuk belajar. Dengan demikian, Anda sedang mempertajam kapak Anda sendiri. 

Trading saham adalah gaya hidup yang memberi kebebasan tempat dan jam kerja. Anda memiliki kebebasan penuh atas batasan penghasilan anda & menjadi bos atas diri anda sendiri. Anda melipat gandakan penghasilan dengan meningkatkan (lot) saham yang anda perdagangkan, BUKAN dengan BEKERJA LEBIH KERAS. Tidak perlu sepanjang hari memelototi monitor. Kerjakan PR Anda sebelum trading & buat perencanaan sebelum transaksi. 

Ada dua rahasia penting agar sukses dalam trading yang disebut dengan ATTITOOLS yaitu TOOLS yang tepat & ATTITUDE yang tepat. Rahasia penting sukses trading saham : ATTITUDE yang tepat menggunakan TOOLS yang tepat. 

Trader yang sudah belajar tools yang baik, masih punya 1 PR yaitu membentuk ATTITUDE trading yang baik. ATTITUDE dalam trading saham berbicara tentang psikologi trading.

Sumber : EllenMay @pakarsaham

Tidak ada komentar:

Posting Komentar