Selasa, 05 Januari 2016

Kartu Kredit

Hasil gambar untuk kartu kreditAdakah yang akan membuat kartu kredit di tahun 2016 nanti? Jika iya, apa tujuan Anda memiliki kartu kredit tersebut?

Kartu sakti yang sangat disukai oleh ibu-ibu untuk berbelanja ini ibarat dua sisi mata uang. Jika digunakan dengan baik, akan bermanfaat. Dan jika tak digunakan dengan bijak, akan jadi masalah keuangan yang pelik. Ada 4 hal yang sebaiknya dipahami dalam penggunaan kartu kredit.


1. Fungsi utama kartu kredit.
Sesuai dengan namanya, kartu kredit berfungsi untuk membantu Anda menunda pembayaran untuk beberapa hari ke depan. Dan membantu Anda untuk mencicil pembelian barang.

Sayangnya, biaya untuk mencicil tidak murah karena biaya bunga yang tinggi. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk membayar lunas tagihan yang datang saat jatuh tempo.

2. Tanggal cetak dan tanggal jatuh tempo.
Setiap kartu kredit punya siklus yang berbeda-beda.

Setelah melakukan pembelian, maka semua transaksi akan dikumpulkan hingga tiba saatnya tanggal cetak tagihan. Setelah tagihan tercetak, maka semua saldo transaksi menjadi utang Anda. Jika Anda membayar seluruh tagihan saat tanggal jatuh tempo, maka tidak ada biaya tambahan yang timbul.

3. Pembayaran minimum dan seluruh tagihan.
Setiap mendapat tagihan, Anda akan mendapat opsi untuk membayar minimum payment atau membayar seluruh tagihannya. Nah, sebaiknya Anda mengambil opsi membayar seluruh tagihan agar tidak menimbulkan biaya bunga utang kartu kredit.

4. Biaya administrasi dan biaya iuran tahunan.
Setiap kartu kredit memiliki struktur biaya administrasi dan iuran tahunan yang berbeda-beda.

Ada jenis kartu kredit yang menagih setiap bulan. Tetapi ada juga yang memberi peluang menjadi gratis jika sering menggunakan kartu kredit. Pelajari berbagai manfaat dan poin hadiah yang diberikan oleh kartu kredit, agar mendapat manfaat yang lebih besar.

Nah sudah paham kan? Jadi jangan sampai salah pengertian ya!

sumber : +ZAPFinance TV 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar