Rabu, 30 Desember 2015

Cash Flow yang Kental

Hasil gambar untuk cashflowMungkin kita sering dengar darah kental, terus bagaimana jika cash flow yang kental?

Kalau darah kental bisa dicairkan dengan pengencer darah, tapi bagaimana dengan cash flow yang kental?

Sebelum mencari tau solusinya kita cari tau dulu apa penyebabnya.


Cash flow bisa disamakan dengan darah bagi keuangan, jika darah lancar maka badan akan sehat. begitu juga dengan cash flow. Jadi cash flow kental adalah kondisi keuangan yang alirannya kurang lancar, dimana pemasukan lebih besar daripada pengeluaran.

Kondisi ini jarang terjadi bagi yang mengelola keuangan pribadi, tapi yang buka usaha bisa terjadi. Hal ini kurang bagus, karena akan membuat ekonomi semakin lambat dan macet.

Jadi bagaimana cara mengatasinya, cash flow kental?

Yang pertama jangan takut belanja, karena kalau takut belanja akan merepotkan. Tapi juga jangan sampai boros. Karena perekonomian kita bisa dibilang 80-90% ditopang oleh belanja konsumsi. Tapi ingat jangan hanya belanja barang import, tapi juga belanja produk dalam negeri.

Yang kedua kelola dana belanja, setelah kita berani belanja kita anggarkan kapan kita belanja dan dimana. Karena hal ini menyangkut besaran dana yang kita keluarkan tiap bulan.

Yang terakhir investasi, investasi bisa dibilang mengeluarkan dana juga. Tapi produk yang dibeli bisa menghasilkan. Tapi investasi juga termasuk mengendapkan dana, artinya berbeda dengan belanja barang yang berdampak langsung dengan ekonomi.

sumber : @ngaturduit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar