Minggu, 12 Juli 2015

4 Cara Efektif Menangani Pelanggan Komplain Pada Online Shop

Hasil gambar untuk pelanggan komplainKomplain adalah suatu hal yang biasa dan menjadi bagian dari pekerjaan Anda.

Dengarkan dan beri empati kepada pelanggan. Ucapkanlah kalimat-kalimat yang menunjukkan empati Anda agar dia merasa didengarkan dan diperhatikan. Setelah adanya penilaian Produk oleh konsumen, jika timbul kecocokan maka akan terjadilah proses transaksi.

Jangan kaku dan tetap jaga wibawa. Banyak yang merasa keluhannya tidak di dengarkan karena sikap kita yang terlalu kaku dalam menghadapi komplain pelanggan. Jaga wibawa Anda sebagai penjual, ini penting. Agar Anda tidak kehilangan reputasi dan kepercayaan dari pelanggan. Jangan terlalu menyalahkan diri sendiri atau karyawan Anda saat memberi respon terhadap komplain ini.

Berikan pilihan solusi. Saat selesai menyampaikan keluhan dan kekecewaannya. Segera Anda berikan tawaran solutif sebagai jalan keluar. Promosi adalah upaya sosialisasi mengenai kegunaan sebuah produk atau beserta penjelasan cara menggunakannya. Usahakan pilihan ini tetap dalam koridor yang tidak merugikan si pelanggan ataupun si penjual.

Follow up dan berikan kabar. Saat sudah menentukan solusi yang Anda tawarkan. Sekarang saatnya bagi Anda untuk menjalankan solusi itu. Beri kabar seputar perkembangan yang sudah Anda lakukan. Dengan demikian, bisa meminimalisir adanya komplain susulan.

Catat dan evaluasi. Catat semua hal-hal yang menjadi keluhan, untuk kemudian di evaluasi. Kesalahan apa yang mengakibatkan, cari penyebabnya & segera lakukan perbaikan layanan agar semakin memuaskan pelanggan. Kegiatan promosi yang dilakukan hendaknya juga merupakan cara untuk sosialisasi kepada konsumen tentang kegunaan sebuah produk.
sumber: @JagoJualanID

Tidak ada komentar:

Posting Komentar