Minggu, 19 Juli 2015

5 Tips Mudik Aman

Hasil gambar untuk mudik aman1. Membuat Rencana Pengeluaran. Untuk memastikan keuangan terkendali, buatlah rencana pengeluaran mulai hari ini hingga H+7 lebaran. Sediakan dananya di rekening tabungan operasional Anda.

2. Aktifkan dan Gunakan Fasilitase-banking. Dari pada membawa uang tunai, lebih baik Anda melakukan proses transfer antar bank. Aktifkan fitur mobile banking yang akan memudahkan Anda bertransaksi meski pun tidak ada mesin ATM.

3. Pisahkan Fisik Penyimpanan Uang. Tidak ada yang lebih menakutkan daripada kehilangan dompet dan barang berharga lainnya. Oleh sebab itu, pisahkan fisik uang Anda ditiga tempat : dompet, amplop di tas, dan amplop di koper. Apabila terjadi kehilangan, maka resikonya terbagi.

4. Memiliki Asuransi. Asuransikan kendaraan pribadi yang Anda gunakan saat mudik untuk menghindari kerugian financial jika terjadi musibah. Selain itu, miliki juga asuransi perjalanan jika Anda menggunakan layanan pesawat terbang, kereta api, atau kapal laut.

5. Pindahkan Sebagian Dana Darurat. Jika Anda menyimpan dana darurat di emas, reksadana, atau deposito, cairkan dan pindahkan sebagian saldonya. Pindahkanlah sebagai tabungan khusus untuk Dana Darurat.

Libur lebaran yang bisa mencapai 7 hari akan menyulitkan Anda untuk bertransaksi apabila kebutuhan dana tunai muncul mendadak. Berbeda jika Anda memiliki tabungan khusus dana darurat, Anda bisa memprosesnya lebih cepat.
sumber: @PritaGhozie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar