Minggu, 12 Juli 2015

4 Pos Pengeluaran Untuk Mudik

Hasil gambar untuk pengeluaran mudikDalam mempersiapkan budget mudik hal pertama yang harus kita lakukan adalah menentukan anggaran alokasi dari THR. Jika Anda tidak memiliki THR, Anda bisa menggunakan dana cadangan atau memang dana khusus untuk keperluan lebaran.

Idealnya, alokasi budget mudik adalah sebesar 30% dari anggaran yang Anda miliki. Mengapa 30%? Karena 20%nya akan terpakai untuk persiapan hidangan lebaran, pakaian, dan lainnya. Ada 4 pos pengeluaran yang bisa Anda persiapkan untuk keperluan mudik. Sudahkah Anda membuatnya?

1. Pos transportasi. Pos ini menjadi pos utama dan seharusnya mengambil porsi terbesar dari anggaran. Apa moda transportasi yang dipilih? Pesawat terbang, kereta api, kapal laut, atau mobil. Persiapkan semuanya dari mulai tiket hingga bensin, bahkan sampai ban serep.

2. Pos akomodasi. Jika Anda terbiasa menginap di rumah keluarga, maka ada baiknya tetap mempersiapkan uang akomodasi. Uang tersebut bisa di gunakan saweran untuk mempersiapkan hidangan di kampong halaman. Jika menginap di hotel, hitung dengan cermat kebutuhannya dan booking hotel dari sekarang.

3. Pos makan, jajan. Jangan lupa untuk mempersiapkan uang untuk makan dan jajan. Wisata kuliner merupakan bagian yang tak terpisahkan dari ritual mudik dan Anda pasti tidak mau irit-irit dalam bernostalgia.

4. Pos belanja & oleh-oleh. Puncak penjualan dari banyak pengusaha kecil di daerah adalah pada masa mudik lebaran. Kalau kita ingin berkontribusi terhadap kemajuan perekonomian daerah, maka belanja memang harus dilakukan.

Selain dari empat pos diatas, Anda juga suka mempersiapkan pos untuk “salam tempel” alias hadiah-hadiah untuk sanak saudara. Dari 4 pos, Anda bisa membayar alokasi untuk transportasi dan akomodasi dengan bantuan gesek tunai atau kartu kredit.

Jika pakai kartu kredit, syaratnya harus bayar LUNAS saat jatuh tempo. Namun, untuk pos makan dan belanja oleh-oleh, Anda wajib mempersiapkan uang tunai. Karena pada umumnya tempat jajan dan oleh-oleh tidak memiliki fasilitas gesek.

Budget mudik masih belum terlambat untuk dibuat selama pengeluarannya belum dilakukan 100%. Asalkan disiplin dan patuh dengan budget mudik, kami yakin kejadian tekor dan utang setelah lebaran bisa jauh dari keuangan. Nah, untuk tahun depan, boleh dong kita persiapkan budget mudik dari jauh-jauh hari.

Selamat mudik yaa untuk Anda yang sudah mulai mudik.
sumber: @PritaGhozie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar