Minggu, 12 Juli 2015

6 Cara Menjadi Pengguna Kartu Kredit Yang Cerdas

Hasil gambar untuk pemakaian kartu kreditDi zaman yang serba cepat dan serba mudah ini, kartu kredit memang memberikan kita kemudahan lain dalam berbelanja. Seiring dengan semakin bertambahnya penduduk kelas menengah, kebutuhan masyarakat pada kartu kredit pun juga meningkat.

Kartu Kredit sudah menjadi kebutuhan bagi kita, terutama bagi orang yang tidak suka memegang uang tunai. Kartu ajaib ini dapat membuat kita bisa berbelanja tanpa harus memiliki uang di rekening ataupun di dompet. Namun, kita harus mulai belajar untuk cerdas dalam menggunakan kartu kredit.

Kenikmatan dan kemudahan yang ditawarkan kartu kredit seringkali membuat kita lupa akan kondisi keuangan kita sesungguhnya. Saking mudah dan menguntungkannya, kartu ajaib ini dapat membuat kita terbuai dan akhirnya terlilit hutang yang menumpuk.

Tidak mau kan hidup mudah lalu kemudian tiba-tiba terlilit hutang dan di kejar-kejar debt colector? Yuk terapkan 6 cara ini agar menjadi pengguna kartu kredit yang cerdas.

1. Buatlah kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan. Kartu kredit sering mengadakan kerjasama dengan outlet untuk menarik nasabah dan memberikan kenikmatan bagi penggunanya. Jika kamu adalah orang yang suka kuliner, buatlah kartu kredit yang banyak memberikan promo di restoran. Atau jika kamu lebih suka fashion, buatlah kartu kredit yang banyak memberikan promo di outlet-outlet fashion. Apapun kesukaanmu, cari tahu lebih lanjut promosi kartu kredit yang ditawarkan sebelum menjatuhkan pilihan.

2. Miliki paling banyak 2 kartu kredit. Meski memberikan banyak kemudahan dan kenikmatan, kita harus membatasi diri agar tak memiliki kartu kredit lebih dari 2 buah. Karena semakin banyak kartu kredit memberikan kita kemungkinan yang lebih besar untuk menumpuk hutang. Dengan hanya memiliki 2 kartu kredit, kita memperkecil kemungkinan kita untuk menumpuk hutang dan menjadi boros.

3. Atur limit kartu kredit. Dengan 2 kartu kredit, kita seharusnya sudah dapat memenuhi seluruh kebutuhan kita jika kita pandai mengaturnya. Setiap kartu kredit memiliki limit kartu kredit dapat kita tentukan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan kita. Salah satu caranya adalah dengan menentukan salah satunya dengan limit yang kecil, agar pengeluaran bisa lebih diatur. Dan yang satunya limit yang lebih besar untuk berjaga-jaga jika diperlukan. Ingat, jangan sampai besar pasak daripada tiang.

4. Tentukan budget pengeluaran yang bisa dilakukan melalui kartu kredit. Setiap kartu kredit memiliki limit berbeda, selalu usahakan untuk menggunakan kartu kredit dibawah limit yang ditentukan. Misal, limit kartu kredit adalah 4 juta rupiah, akan lebih baik dan aman jika tidak memakainya hingga 4 juta atau lebih. Karena besarnya limit bukan menunjukkan bahwa kita harus menggunakannya sampai batas maksimal. Hindari pemakaian kartu kredit hingga melebihi limit yang ditentukan, sebab kita akan dikenakan denda. Sadari kemampuan keuangan kita dan pakailah kartu kredit dengan bijak.

5. Pikir panjang sebelum belanja. Belanja bisa dilakukan karena kebutuhan atau keinginan. Gak setiap keinginan kita adalah yang kita butuhkan dan sebaliknya. Berpikir sebelum belanja adalah hal yang penting, karena tidak jarang kita membeli sesuatu hanya karena nafsu semata. Sebelum menggesek kartu kredit untuk belanja, pikirkan kegunaannya, apakah penting, bermanfaat, dan harganya layak atau tidak.

6. Pantau dan pakailah point reward. Sadar atau tidak, setiap kali kita belanja menggunakan kartu kredit, poin dalam kartu kredit kita bertambah. Jumlah poin yang sudah terkumpul banyak dapat ditukarkan dengan barang atau promo-promo menarik. Penukaran poin ini merupakan keuntungan dari kartu kredit, namun harus teliti dalam memantau serta menggunakan point reward.
sumber: @PritaGhozie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar