Sabtu, 25 Juli 2015

Panduan Mengelola Keuangan Keluarga

Hasil gambar untuk keuangan keluargaKeberhasilan pengelolaan keuangan keluarga ditentukan oleh Anda berdua. Apa panduannya? Lakukan 3 hal berikut agar pengelolaan keuangan keluarga menjadi lebih baik.

1. Komunikasi. Luangkan waktu untuk berbincang soal finansial dengan pasangan saat bersantai dan catat hasilnya. Misalnya, di akhir pekan.

2. Sepakat siapa manajer keuangan. Buatlah kesepakatan di antara Anda dan pasangan yang menjadi manajer keuangan dalam rumah tangga. Yang disepakati menjadi manajer wajib membuat catatan pertanggung jawaban setiap akhir bulan.

3. Miliki rekening terpisah. Meski hidup sebagai pasangan, privasi masih dibutuhkan oleh masing-masing pihak. Buatlah dua rekening “belanja” terpisah atas nama masing-masing. Selama Anda tidak keluar jalur, pasangan tak perlu tahu uang Anda yang digunakan untuk belanja sepatu atau bersantai di spa.

Selain 3 hal yang harus dilakukan dalam pengelolaan keuangan keluarga. Anda juga jangan melakukan 2 hal berikut.

1. Berbohong soal uang. Jangan pernah menyembunyikan hutang yang Anda buat, karena akan berdampak pada keluarga. Jujurlah kepada pasangan bila Anda memiliki masalah hutang dan tak perlu segan meminta bantuan untuk mencari solusinya.

2. Tidak adil dalam pos bantuan saudara. Memberikan pinjaman kepada saudara tanpa sepengetahuan dan persetujuan pasangan adalah big no!

Sesederhana itulah mengelola keuangan keluarga.
sumber: @PritaGhozie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar