Sabtu, 11 Juli 2015

Bagaimana Merencanakan Penjualan?

Hasil gambar untuk penjualanDalam mencapai target bisnis yang telah kita buat, amat penting bagi pebisnis untuk bisa merencanakan penjualan karena bisa membantu pebisnis dalam meningkatkan penjualan secara Berkelanjutan.

Sebagai langkah awal yaitu tentukan target Penjualan, baik dalam target secara volume/jumlah, omzet, atau keduanya. Kemudian tentukan periode Penjualan yang akan dilakukan. Periode ini menjadi acuan waktu dari target yang sudah ditetapkan.

Pastikan produk/jasa apa yang akan dijual. Saat produk/jasa telah ditentukan, kita bisa memfokuskan target dalam penjualan. Berikutnya tentukan harga yang sesuai dengan produk/jasa, cek harga pokok dan pastikan profit yang akan diambil.

Lakukan Pemetaan calon konsumen yang potensial. Analisa Pasar & proyeksikan penjualan yang ingin dicapai. Bntuk tim Penjualan yang akan mendukung penjualan. Buatlah pelatihan untuk membentuk kemampuan dari tim penjualan tersebut.

Tetapkan strategi Penjualan yang akan dilakukan: Langsung, reseller, disc promo, event marketing dll. Buat juga strategi promosi di media sesuai target pasar, seperti di media cetak, media offline/online dll.

Bentuk program marketing untuk mendongkrak Penjualan, seperti membuat kampanye marketing/program hadiah. Buat anggaran atau budget. Budget tentu diperlukan untuk tim penjualan, program marketing, dll.

Selalu lakukan monitoring dari setiap proses penjualan tiap tim penjualan. Agar kepastian target tercapai. Merencanakan penjualan bukan hanya sekedar rencana. Realisasikanlah atas apa yang telah disusun. Pastikan terpantau prosesnya.
sumber: @BillionaireCorp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar