Sabtu, 25 Juli 2015

Kebutuhan Keuangan Si Bunda

Hasil gambar untuk keuangan ibuSebagai ibu, selain mengurus kebutuhan keuangan keluarga, Anda juga harus dapat mengelola kebutuhan keuangan “si bunda”. Ini dia lima hal yang Anda tetap harus perhatikan dan siapkan sebagai seorang Ibu dalam mengelola keuangan.

1. Sumber dana pos Bunda. Anda bekerja, tentukan berapa persen dari penghasilan yang masuk ke pos khusus ini. Bila sumber dana bergantung dari pasangan, pastikan pengeluaran pribadi Anda tidak lebih 10% dari uang yang diberikan.

2. Buat anggaran terpisah. Perempuan memang banyak kebutuhannya; biaya kecantikan, pakaian, arisan, hingga biaya kesenangan seperti membeli buku. Pisahkan anggaran pribadi Anda dari anggaran rumah tangga yang dinikmati oleh seluruh anggota keluarga.

3. Miliki wish-list. Pisahkan kebutuhan dan keinginan. Sesekali memenuhi keinginan tentu sah saja, tapi pastikan Anda sudah mempersiapkan dananya terlebih dulu.

4. Punya dana darurat. Terlepas dari dana darurat keluarga, coba buat dana darurat khusus untuk kebutuhan Anda. Jumlah idealnya antara 1 – 2 kali pengeluaran pribadi Anda.

5. Bayar kartu kredit sendiri. Kesalahan terbesar para ibu adalah pandai menggesek kartu kredit, tetapi menyerahkan semua urusan pembayaran kepada pasangan.

Mudah kan? Yuk lakukan hal tersebut!
sumber: @PritaGhozie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar