Minggu, 05 Juli 2015

Persiapan Pensiun Bagi Perempuan

Hasil gambar untuk mempersiapkan pensiun untuk perempuanBerikut ini merupakan beberapa strategi yang dapat dijalankan perempuan untuk mempersiapkan pensiun dengan lebih baik.

1. Ikut berperan aktif dalam mengelola investasi keluarga. Sebagai pasangan, luangkanlah waktu sekitar 1 jam per minggu untuk berdiskusi mengenai perencanaan keuangan keluarga. Sepakati apa rencana masa pensiun anda berdua dan bagaimana cara untuk memenuhinya. Lakukan financial check up secara rutin, minimal 1 tahun sekali, untuk memahami kondisi keuangan keluarga saat ini.

2. Buatlah rekening tabungan pensiun untuk anda sendiri. Apabila manfaat pensiun yang mungkin diterima dari jamsostek masih kurang, maka wajib membuat sendiri tabungan pensiun Anda. Anda bisa membeli produk dana pensiun dari DPLK, reksadana, & memakai tabungan yang tidak diganggu gugat untuk biaya hidup harian.

3. Untuk perempuan menikah, rencanakan bagaimana kehidupan finansial anda bila suatu saat ditinggalkan oleh pasangan. Bisa saja Anda di tinggalkan pasangan karena meninggal dunia maupun bercerai. Tetaplah memiliki rekening tabungan, kartu kredit, dan harta atas nama sendiri selain harta bersama lainnya. Hal ini sangat penting agar anda juga memiliki track record sendiri bagi lembaga keuangan.

Beberapa hal positif yang bisa dilihat dari perilaku tantrum adalah bahwa dengan tantrum anak ingin menunjukkan independensi. Track record ini dapat berguna apabila suatu saat anda mengajukan permohonan fasilitas ke lembaga keuangan.

4. Lebih selektif dalam memilih barang konsumsi. Para perempuan memiliki kegemaran untuk berbelanja. Manfaatkan hobi anda yang satu ini untuk investasi masa pensiun. Apabila senang aksesoris, belilah perhiasan emas karena suatu saat dapat dijual kembali dengan nilai yang meningkat. Apabila senang mendekor, belilah beberapa barang seni yang suatu saat dapat dijual kembali dengan nilai yang tinggi.

5. Rajin-rajinlah menambah pengetahuan keuangan. Anda tidak perlu menjadi seorang jenius untuk memahami tentang keuangan. Tanyakan pada Bank tempat Anda menabung apakah ada acara yang dapat menambah pengetahuan untuk mengelola keuangan lebih baik. Perbanyak juga membaca literatur-literatur keuangan di tabloid dan situs perusahaan jasa keuangan.

6. Cari saran dari seorang ahli keuangan. Jika masih belum memahami masalah keuangan dan investasi yang benar, jangan malu untuk menemui ahli keuangan dan menanyakannya.

Itulah 6 hal yang bisa perempuan lakukan untuk berinvestasi untuk masa pensiunnya.
sumber: @PritaGhozie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar