Minggu, 12 Juli 2015

Cerdas Beramal

Hasil gambar untuk beramalBeramal merupakan salah satu dari 10 keahlian dalam mengelola uang yang harus kita miliki. Apabila Anda sudah berpenghasilan, melakukan kegiatan sosial yang satu ini pasti akan membuat hidup Anda lebih nyaman. Bagaimana cara beramal dengan cerdas? Simak 4 tips berikut ini.

1. Dahulukan yang wajib. Zakat adalah kewajiban yang harus ditunaikan apabila menenuhi persyaratan seperti mencapai nilai nishab. Sedangkan, sedekah adalah perbuatan amal yang tidak memiliki batasan dan tidak ada aturan khususnya.

2. Buat perencanaan. Mencari kebaikan di bulan Ramadhan memang sangat dianjurkan. Namun, tetap harus direncanakan. Untuk zakat profesi usahakan disisihkan setiap bulan, meski pembayaran bisa saja dilakukan secara tahunan. Sedangkan, untuk zakat harta, sebaiknya diambil dari tabungan.

3. Tidak berutang. Beramal dengan cara berutang tentu saja sangat tidak disarankan. Bila penghasilan atau harta tidak mencapai nishab, maka zakat tidak wajib ditunaikan. Jika kemampuan finansial terbatas, beramal lah dengan kemampuan yang Anda miliki.

4. Bayarkan lewat badan resmi. Khusus zakat harta, ada 8 golongan yang memang ditetapkan berhak untuk menerima. Bagi Anda yang ingin menunaikan zakat, sebaiknya membayar lewat badan amil yang resmi. Bahkan, jika Anda membayar lewat Baznas misalnya, pembayaran zakat bisa jadi komponen pengurang pajak penghasilan.
sumber: @PritaGhozie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar