Sabtu, 10 Oktober 2015

6 Bulan Menuju Anggaran Ideal

Hasil gambar untuk anggaran keuangan bulananPernahkah Anda mencoba membuat anggaran setiap bulan? TipsFinansial Anggaran atau rencana pengeluaran memegang peranan penting dalam kesuksesan keuangan rumah tangga. Membuatnya sangat mudah.

Mempertahankan dan disiplin menjalankannya merupakan cerita yang berbeda. Berikut ini, akan berbagi tips yang dapat diambil dalam 6 bulan menuju anggaran yang ideal.

Bulan pertama, Catat. Mencatat semua pengeluaran selama 1 bulan. Kelompokkan pengeluaran kedalam beberapa pos.

Pertama pos pengeluaran wajib dengan jumlah tetap.
Kedua, pos pengeluaran wajib dengan jumlah yang berubah setiap bulan.
Terakhir pos pengeluaran tidak wajib.

Coba periksa, apakah pengeluaran Anda lebih besar daripada penghasilan?

Bulan kedua, Kutak-katik. Untuk pengeluaran wajib yang jumlahnya berubah seperti biaya makan, biaya listrik, dan lainnya, Anda bisa berhemat. Penghematan bisa dilakukan dengan pengurangan atau mencari produk pengganti yang lebih murah.

Atur pos mana yang jadi prioritas, targetnya menambah sisa penghasilan antara 10% hingga 20% atas penghasilan setiap bulan. Jadi, apabila penghasilan bulanan Rp 10 juta, setidaknya sisa penghasilan antara Rp 1 juta-2 juta.

Bulan ketiga, Merancang anggaran baru. Pos pengeluaran setiap bulan sebaiknya dibagi dengan 4 alokasi.

10% untuk dana darurat.
50% untuk biaya hidup.
20% untuk tabungan dan investasi sesuai tujuan financial.
Dan terakhir 20% untuk hiburan serta gaya hidup.

Agar disiplin dalam menerapkan pos-pos alokasi, maka sebaiknya Anda punya beberapa rekening tabungan yang terpisah.

Bulan keempat, Try-out. Momen ini menjadi penentu apakah anggaran yang ditetapkan akan berhasil atau tidak. Apabila Anda merasa berat untuk menjalankan, maka jangan dipaksakan seluruhnya.

Mulai saja dengan menyisihkan 5% untuk dana darurat dan 5% untuk investasi. Terpenting, kebiasaannya yang harus dibangun.

Bulan kelima, Penyesuaian anggaran. Apabila ada beberapa pos yang masih harus disesuaikan, maka segera ubah anggaran sekarang. Tetap gunakan konsep membagi-bagi penghasilan kedalam beberapa rekening untuk memudahkan pengaturan uang.

Bulan keenam, Konsisten dan disiplin. Nah, di bulan ini seharusnya Anda sudah memiliki anggaran yang cukup ideal untuk dijalankan.

Perubahan yang perlahan tetapi pasti akan memberikan hasil yang jauh lebih baik, dibandingkan perubahan yang sesaat saja. Jangan lupa untuk tetap mengalokasikan pos gaya hidup sebagai hadiah untuk keberhasilan Anda dalam pengelolaan uang.

Sekian tips untuk menuju anggaran ideal dalam 6 bulan.

sumber : +ZAPFinance TV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar