Senin, 19 Oktober 2015

Tipe-Tipe Konsumen

Hasil gambar untuk tipe konsumenSetiap konsumen memiliki minat yang berbeda terhadap suatu barang. Ada yang tertarik karena harga yang miring, atau kemasanya yang lucu atau unik. Karena itu pedagang atau perusahaan membuat produk yang mereka hasilkan atau mereka jual akan dimasukan dalam kemasan yang menarik. Dan harga yang kompetitif, agar semakin banyak produk yang terjual sehingga keuntungan perusahaan meningkat dan nilai saham naik.

Kali ini kita tidak membahas apa yang dilakukan pengusaha atau pedagang, tapi perilaku konsumen pada umumnya. Semoga setelah mengetahui keuntungan dan kerugian perilaku ini, mungkin suatu saat bisa kita tiru yang menguntungkan.

Perilaku konsumen yang pertama belanja karena diskon. Konsumen yang belanja karena diskon cenderung teliti dan tidak mau rugi, tapi menjadi cenderung boros karena sering belanja diluar budget.

Yang kedua belanja karena kemasan, bila ada kemasan yang menarik atau lucu maka akan tertarik untuk sekedar mengoleksi. Hanya saja, mereka yang beli barang karena kemasan cenderung belanja diluar budget juga.

Yang ketiga belanja karena fungsi, konsumen ini hanya akan membeli barang jika barang tersebut memberikan fungsi yang dibutuhkan. Penjual produk tertentu biasanya menonjolkan fungsi produk mereka sebagai kelebihan dari produk lain.

Sayangnya mereka yang mementingkan fungsi kurang menikmati dalam berbelanja Karena kalau barang yang ditemukan kurang memberikan fungsi yang diinginkan atau ga ada fungsi, akhirnya tidak berbelanja. Walau ini bisa jadi lebih hemat, kadang kalau kita pergi dengan orang seperti ini, biasanya tidak bisa jadi teman berbelanja.

Sebenarnya, ada perilaku yang lain, yaitu berbelanja karena butuh, kalau butuh baru pergi ke pusat perbelanjaan.

sumber : +NgaturDuit.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar