Sabtu, 10 Oktober 2015

Reksadana Saham

Hasil gambar untuk reksadana sahamRD selanjutnya adalah RD Saham (RDS). Dari namanya sudah jelas bahwa RDS adalah RD yang mana MI menginvest dana kita di saham. Sama seperti RDPT, RDS juga bisa meningkat atau menurun nilainya.

Penyebabnya sama karena ada harga pasar yang berlaku. Walaupun perusahaan untung tapi nilai pasarnya turun, maka nilai sahamnya juga turun dan otomatis RDS juga turun nilainya. Sangat menyaranan klien untuk investasi di RDS bagi yang memiliki tujuan lebih dari 10 tahun ke depan. Sebab secara logika saja nilai perusahaan pasti selalu akan naik, minimal karena adanya inflasi.

Misalnya perusahaan perkebunan, kalau meraka tidak melakukan kegiatan apapun, secara logika nilai asset tanahnya pasti akan naik karena inflasi. Bila ditambah dengan internal perusahaan yang memberi target laba, maka nilai suatu perusahaan pasti akan naik.

Hasil gambar untuk perusahaanRDS memang memberikan hasil yang cukup besar. Biasanya digunakan untuk tujuan yang tiap tahun mematok hasil investasi 20%. Beberapa reksadana sudah berkembang sangat tinggi. Misalnya RDS panin sudah naik 75x lipat. Atau harganya dari 1000 saat dikeluarkan sekarang jadi 75000.

Kalau saat pembukaan kita beli 1000 unit atau 1 juta maka saat ini uang kita menjadi 75 juta. Jauh melewati inflasi yang menjadi musuh kita. Beberapa produk RDS lain juga memberi hasil yang menggembirakan bila kita bicara jangka panjang.

Perkembangan nab RDS dan RDPT sangat bergantung bagaimana MI bisa mengelola dana nasabahnya. Semakin ahli MI maka perkembangan nab juga bagus. Sehingga salah satu keberhasilan investasi di RD adalah pemilihan yang tepat di produk, artinya MI pemilik produk.

Kita bisa menilai kinerja MI dari saham apa yang mereka pilih, dan juga perkembangan nab-nya. Itulah kenapa sangat disarankan, bahwa dalam memilih RD setiap orang harus punya target. Target yang nantinya di bandingkan dengan kinerja yang dihasilkan MI.

Jadi investasi bukan sekedar meletakkan dana, tapi juga memiliki target yang harus dibandingkan dengan kenyataan yang dicapai.

sumber : @kokiduit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar