Sabtu, 24 Oktober 2015

Investment The Basic



Hasil gambar untuk investasiMungkin tulisan hari ini sangat sederhana dan pendek. Tapi kami ingin mengangkat lagi karena sebenarnya investasi itu bukan hal rumit, namun juga bukan sesuatu yang bisa dianggap remeh. Berita penipuan investasi pasti sudah banyak kita lihat, dengar dan baca. Namun kenapa hal ini masih terus terjadi?

Berinvestasi dalam perencanaan keuangan memang adalah suatu keharusan. Berbeda dengan utang yang adalah pengeluaran saat ini untuk kenikmatan yang sudah kita terima, maka investasi adalah pengeluaran sekarang untuk kenikmatan nanti.

Kehidupan masa pensiun, pendidikan tinggi anak dan harapan untuk kepemilikan asset adalah beberapa diantaranya. Dasar investasi adalah sederhana.

Hasil gambar untuk tujuan investasiPertama, miliki tujuan. Kalau kita ibaratkan perjalanan, maka investasi adalah proses untuk menuju suatu tempat. Melakukan perjalanan tanpa ada tujuan akan membuat perjalanan hanya menjadi kegiatan tanpa ada harapan.

Kedua, ketahui profil risiko. Perjalanan ada yang panjang dan pendek, siapkah kita mencapai tujuan tadi.

Ketiga, pilih dan kenali produknya. Perjalanan kita membutuhkan kendaraan, agar tujuan bisa dicapai sesuai dengan standart yang diharapkan.

Jadi 3 hal penting di atas adalah dasar dari cara kita untuk berinvestasi.

Kami sudah sangat sering membahas secara detil ketiga hal di atas. Jadi ingin lebih dalam membahas mengenai produk investasi.

Hasil gambar untuk produk investasiPertama, produk yang menawarkan hasil tinggi memiliki konsekuensi risiko yang tinggi juga. Gampangnya, ketika produk tadi memberi hasil lebih tinggi dari bunga tertinggi di perbankan dan bercerita risiko sama atau lebih rendah dari bank, maka kita tidak boleh gampang percaya.

Kedua, ketahui cara kerjanya. Hasil memang adalah harapan dari investasi kita. Tapi jangan lupa cara kerjanya yang menentukan seberapa besar risiko produk tadi. Hal penting yang harus kita tahu; bagaimana caranya produk tadi bisa memberikan hasil ke kita.

Apakah cara kerjanya transparan dan mudah untuk dijelaskan? Dan yang lebih penting legalkah cara yang digunakan untuk mencapai hasil tadi.

Ketiga, periksa legalitasnya. Produk investasi di Indonesia sebenarnya sangat sederhana, mereka ada dibawah pengawasan dan wewenang Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai pengawas. Jadi kalau merasa ragu hubungi saja OJK untuk konfirmasi. Anda bisa hubungi 500655 sebagai hotline mereka.

So, apapun hasil investasi anda, andalah yang akan menerima hasilnya. Boleh saja kita meminta saran pihak lain tapi tetap keputusan ada di tangan anda.

Keberhasilan investasi sebenarnya bukan dinilai dari seberapa besar hasil investasi tadi, tapi seberapa tepat tujuan bisa dicapai.

Seorang pensiunan mungkin tidak berharap hasil yang besar dari pengelolaan uang pensiunnya. Tapi bagaimana agar uang pensiun tadi bisa cukup panjang digunakan tanpa dia harus melepas assetnya.
Berbeda dengan orang muda yang mempersiapkan dana pensiunnya, tujuan utamanya adalah mendapatkan minimal sesuai dengan kebutuhan saat pensiun kelak.

Jadi investasi itu sederhana aja. Cukup pegang aturan dasar di atas, dan lainnya berkembang sesuai kebutuhan.

Bila dasar di atas bisa kita jalani dan lakukan, satu hal yang bisa dijanjikan; kita telah di jalan yang benar dalam berinvestasi dan anda tidak akan terkena tipuan investasi.

Akhir kata, jangan sampai kejadian yang buruk jangan menghilangkan semangat kita untuk tetap invest. Hanya kita yang bisa menentukan masa depan kita, bukan orang atau pihak lain.

sumber : @kokiduit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar