Sabtu, 10 Oktober 2015

ORI 10



Hasil gambar untuk ori 10 obligasiPemerintah secara resmi mengumumkan akan ada ORI-10. Kupon 8,5% pertahun, jangka waktu 3 tahun, dan investasi minimal 5 juta adalah beberapa ciri dari ORI.

ORI adalah obligasi negara atau surat utang negara. Kalau kita punya ORI, artinya kita diakui oleh negara bahwa kita memiliki piutang ke negara. Keamanan adalah salah satu kelebihan dari ORI.

Dengan statusnya sebagai utang negara, maka secara teori baru akan default kalau negaranya bubar. So walau pemerintahan ganti, ORI tetap jalan. Jadi boleh dikatakan sebagai investasi bebas risiko. Jadi tidak salah juga untuk menjadikannya sebagai patokan imbal hasil. Artinya kalau imbal hasil dibawah ORI tapi risiko lebih tinggi maka jangan ambil produk investasi tadi.

Hasil gambar untuk obligasiORI-10 adalah salah satu ORI yang dikeluarkan saat ekonomi turun. Sama dengan ORI-1 yang juga dikeluarkan saat ekonomi turun, maka biasanya ORI yang keluar saat seperti ini memiliki potensi hasil yang bagus.

Sebab ekonomi selalu bergerak seperti roller coaster. Saat dia turun berarti setelahnya adalah naik, Dan setelah dia naik maka akan turun. So jangan heran ORI-9 nilainya turun karena dikeluarkan saat ekonomi naik.

Lalu apakah ORI-10 menguntungkan? Keuntungan ORI sangat bergantung dari inflasi secara makro dan bunga acuan bank secara mikro. Artinya ORI akan menguntungkan bila inflasi tidak sampai 8,5% dan bunga bank juga tidak sampai ke 8,5%.

Itulah mengapa, untuk jangka pendek mungkin ORI bukan jawaban investasi kita, tapi untuk sampai 3 tahun, sangat merekomendasikan. Karena kondisi kita yang akan membaik dan membuat harga obligasi akan naik. Oleh karenanya yang mau invest di ORI, pegang untuk minimal 1 tahun ke depan dan kalau bunga terus turun, maka saat terbaik jual adalah di tahun kedua.

Hasil gambar untuk tujuan investasi jangka pendekSebagai info, inflasi kita tahun ini di sekitaran 7%, itu pernyataan pemerintah, namun biasanya kenyataan berkata lain. Untuk yang punya tujuan 3 tahun ke depan dan target hasil sama atau dibawah 8% maka ORI bisa sebagai pilihan.

Untuk yang lebih lama lagi, tetap investasi seperti RD Saham dan saham bisa sebagai alternatif. ORI juga bisa digunakan sebagai benchmark untuk RD Pendapatan Tetap, kalau ada MI yang hanya menawarkan RDPTnya sebesar 7% mending di tinggal he he.

ORI bagus sebagai investasi alternatif di portofolio investasi jangka menengah kita. Tambahkan ORI sebagai pelengkap investasi emas dan RDPT kita.

sumber : @kokiduit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar