Sabtu, 23 Mei 2015

5 Langkah Mudah Atasi Kesulitan Menabung

Menurut ahli pengelola keuangan, Miriam Caldwell, dalam artikel bertajuk Six Easy Ways to Save Money, menabung adalah hal yang penting. Menabung baiknya dilakukan secara berkala.

"Menabung bisa membuat posisi Anda hidup lebih baik," ujar dia.

Berikut ini saran Miriam agar menabung lebih mudah dilakukan.

1. Pola keuangan
Buatlah anggaran keuangan bulanan. Buat daftar pengeluaran dan alokasi tabungan. Pola ini harus Anda patuhi agar tidak terjadi pembengkakan anggaran.

2. Transfer otomatis
Pisahkan rekening tabungan dan rekening operasional sehari-hari. Bank biasanya memiliki fasilitas transfer secara otomatis. Kemudian aturlah besaran uang yang akan ditransfer ke rekening tabungan.

3. Ancaman online
Belakangan ini jualan tidak lagi di toko atau mal, namun secara online. Mengantisipasi pemborosan belanja online, jangan gunakan rekening tabungan dengan fasilitas token atau bila perlu tanpa menggunakan kartu ATM.

4. Skala prioritas
Anda memang sudah membuat anggaran untuk menabung. Tetapi Anda masih bisa melakukan penghematan dari pos pengeluaran yang lain. Caranya buatlah skala prioritas. Jika sebuah pos pengeluaran sudah dianggarkan namun pada realitanya masih dimungkinkan untuk tidak dikeluarkan, maka kenapa tidak?

5. Cek budjet
Biasanya di setiap pos anggaran masih memiliki ruang untuk menabung. Ceklah pada pos makanan, transportasi, dan hiburan.

Pada pos makanan, buatlah menu yang lebih hemat tanpa mengorbankan nilai gizinya. Misalkan, uang makan siang Anda di kantor bisa diganti dengan membawa bekal dari rumah. Lalu kurangi kebiasaan jajan.

Pada pos transportasi, jika Anda terbiasa menggunakan taksi atau ojek, bisa dikurangi dengan menaiki angkutan umum.

Pada pos hiburan, jika Anda terbiasa setiap pulang kerja hangout bersama teman bisa dikurangi menjadi satu minggu sekali. Atau batasi satu bulan dua kali.
sumber: ciputraentrepreneurships.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar