Sabtu, 30 Mei 2015

Pimpin Dirimu

Seseorang yang berhasil memimpin team adalah mereka yang telah berhasil memimpin dirinya sendiri. Sangat sulit pemimpin mendapat “respect dan trust” dari orang yang dipimpinnya bila ia gagal memimpin dirinya. Bagaimana seseorang dikatakan sudah mampu memimpin dirinya sendiri, setidaknya ada tiga ciri utama seseorang yang mampu memimpin dirinya.

Ciri pertama, ia memiliki kendali diri yang baik. Ia tidak mudah menyalahkan orang lain. Ia tahu kapan harus action karena itu memang wewenang dan tanggungjawabnya. Ia juga tahu kapan ia hanya bisa memberi usulan dan rekomendasi. Ia pun tahu kapan ia hanya bisa sekedar memberikan response positif atas kejadian-kejadian yang terjadi.
Ia tampak cool, jauh dari “grusah grusuh” dan ia sangat menghindari tuding sana, tuding sini untuk mencari kambing hitam.

Ciri kedua, ia memiliki integritas yang kuat. Ucapan dan janji orang ini bisa dipegang. Ia juga punya komitmen menjalankan apa yang ia katakan. Selaras antara pikiran, ucapan dan tindakannya. Dalam bahasa gaulnya, orangnya tidak “mencla-mencle”.
Guru kehidupan pernah berpesan, “Seseorang itu akan dipercaya bila ia punya tiga hal: integritas, kejujuran dan kecerdasan. Namun bila integritasnya hancur maka kejujuran dan kecerdasannya tiada berguna.”

Ciri ketiga, ia terbiasa memberi lebih apa yang ia terima. Apabila ia karyawan bergaji lima juta rupiah maka ia akan terbiasa memberikan hasil kerja jauh lebih tinggi dari lima juta. Apabila ia pebisnis, ia akan terbiasa memberikan layanan lebih kepada para pelanggannya. Di dalam kehidupan rumah tangga, ia senang melayani dan memberi.

Apakah Anda telah memiliki ketiga ciri tersebut di atas? Apabila sudah, selamat. Anda telah siap memimpin orang lain. Apabila belum, berlatihlah agar kelak Anda pantas memimpin orang-orang di sekitar Anda. Mau, kan?
sumber: www.jamilazzaini.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar