Sabtu, 30 Mei 2015

Media Sosial Untuk Produktivitas



MedSos kadang melenakan kita dengan membuat kita menghabiskan waktu untuk akses MedSos ketimbang bekerja. Ini jadi permasalahan umum di dunia digital hingga beredar aneka macam tips tuk mengatasi kecanduan MedSos.

Sebenarnya, MedSos memiliki manfaatnya tersendiri untuk meningkatkan produktivitas. MedSos bisa membantu dalam meningkatkan kinerja & reputasi di dunia nyata, asalkan dimanfaatkan dengan benar.

Buatlah Resume diri Anda secara Online. Menaruh resume Anda secara online merupakan hal yang penting. Sekarang banyak orang yang akan memeriksa kredibilitas dan reputasi anda secara online. Bahkan jika Anda melamar pekerjaan, kadang perusahaan akan memeriksa data diri kamu melalui akun MedSos.

Lakukanlah Kontak dan ikuti Kompetisi. Jika Anda punya MedSos untuk kebutuhan profesional seperti LinkedIn, tentu akan banyak tawaran di MedSos tersebut. Anda bisa mengikutinya atau berusaha menghubungi pemilik pekerjaan untuk menanyakan kemungkinan melamar kerja.

Promosikan hasil karya anda. Jika Anda seorang penulis, maka rajin-rajinlah mempromosikan tulisan kamu lewat jejaring sosial. Anda fotografer? Instagram bisa menjadi MedSos favorit kamu untuk mempromosikan karya.
 
Dengan rajin mempromosikan hasil karya Anda, maka Anda akan meningkatkan reputasi kamu di dunia nyata. Hal ini akan lebih penting lagi bagi seorang pekerja freelance. Kalau Anda pekerja freelance, maka popularitas adalah salah satu cara Anda untuk mendapatkan job.

Promosikan diri Anda. Promosikan diri sendiri dan keterampilan Anda. LinkedIn memang jejaring sosial yang cocok untuk melakukan hal ini. Meskipun demikian, mempromosikan diri di Facebook juga akan menjadi nilai plus buat anda.

Pastikan orang-orang bisa melihat profil Anda dengan klik About, karena kadang ada beberapa yang hobi menyembunyikan profilnya. Bila Anda ingin meningkatkan kredibilitas, jangan ragu untuk mempromosikan siapa diri Anda lewat MedSos.

Tetaplah berhubungan dengan rekan kerja Anda. MedSos adalah salah satu sarana yang efektif untuk tetap berhubungan dengan rekan kerja anda. Rata-rata sekarang setiap orang memiliki akun jejaring sosial. Anda tidak bisa mengerjakan segala sesuatu sendiri. Dengan menjaga hubungan rekan kerja, anda bisa minta tolong jika ada sesuatu yang tidak dapat anda lakukan. Mungkin anda akan datang terlambat ke kantor, atau kesulitan pada proyek tertentu.

Bila anda belum bekerja, jagalah hubungan dengan alumni atau teman kuliah Anda. Siapa tahu akan ada informasi penting tentang pekerjaan yang mereka post-kan dan sesuai dengan kriteria anda. Atau bahkan bisa jadi anda akan ditawari secara langsung oleh mereka. Jadi Keberadaan MedSos tentu bisa dimanfaatkan untuk melakukan hal-hal yang produktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar