Sabtu, 23 Mei 2015

5 Strategi Keuangan Yang Wajib Anda Kuasai

Berikut beberapa strategi keuangan yang wajib Anda kuasai.

1. Miliki Dana Darurat
Anda harus menyiapkan dana darurat tujuannya untuk hal yang tidak terduga, seperti ada keluarga yang meninggal, tiba-tiba Anda terkena PHK oleh kantor karena adanya pembatasan jumlah karyawan, atau hal-hal tak terduga lainnya. Jika Anda memiliki simpanan khusus untuk dana darurat, setidaknya berkurang satu beban hidup Anda. Sebaiknya siapkanlah dana darurat sebesar 6 bulan pengeluaran, dengan adanya simpanan khusus ini Anda mampu bertahan menghadapi masa krisis. Ingat, jangan pernah digunakan bila tidak benar-benar dalam keadaan kepepet.

2. Gunakan Layanan Transfer Otomatis
Diantara Anda pasti masih banyak yang membelanjakan uang setelah mendapatkan gaji. Lalu sisanya ditabung. Agar tidak tergoda untuk membelanjakannya, Anda bisa menggunakan cara pendebetan tabungan secara otomatis. Pastikan pada petugas bank tentang pendebetan secara rutin dalam jumlah yang sudah ditentukan dari pendapatan atau rekening Anda ke rekening lain. Dengan begitu Anda tidak memiliki kesempatan untuk menggunakannya untuk hal-hal yang tidak penting.

3. Tentukan Anggaran dan Tujuan
Ingin pergi berlibur ke Eropa? Ingin membeli apartemen? Atau ingin membeli mobil impian? itu semuanya butuh perjuangan. Untuk mencapai itu semua, Anda harus memulai buat anggaran dan tujuannya. Sehingga Anda memiliki prioritas dan tujuan yang jelas dalam menyisihkan uang setiap sennya.

4. Belajar Investasi
Jangan bilang Anda belum memiliki investasi? Walaupun Anda masih lajang, yang namanya investasi itu harus masuk ke dalam daftar strategi keuangan. Semakin dini Anda memulainya, semakin besar juga hasil yang bisa Anda peroleh di masa yang akan datang. Seperti yang pernah dibahas sebelumnya, investasi terdiri dari berbagai jenis mulai dari properti, emas, reksadana, saham, dan lain-lain. Untuk mulai investasi, carilah informasi sebanyak mungkin dan carilah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pikirkan baik-baik apa keuntungannya bagi Anda di masa yang akan datang. Jangan sampai salah pilih. Ingat investasi tujuannya adalah 'mengembangbiakan' uang Anda.

5. Persiapkan Dana Pensiun
Mungkin saat ini Anda masih merasa sehat dan enerjik, tapi seiring dengan waktu dan umur, kesehatan dan tenaga bisa menurun. Jadi Anda harus cermat untuk menyisihkan penghasilan untuk simpanan Anda di masa tua nanti. Hal ini ditujukan supaya Anda tidak tergantung dengan orang lain. Tentu Anda tidak ingin menjadi beban bagi orang lain, dengan demikian, hal ini juga bisa dijadikan 'pecutan' bagi Anda agar lebih giat lagi dalam meniti karier dan mengelola pendapatan.
sumber: ciputraentrepreneurships.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar