Sabtu, 30 Mei 2015

Tips Meraih Sukses Dan Menjadi Trader Sukses



Anda baru mau menjadi trader? Atau sedang menjadi “newbie” trader? Lalu strategi apa yang sudah Anda pelajari utk sukses menjadi trader? Banyak trader pemula yang terbilang “nekat” masuk ke pasar tanpa berbekal ilmu ataupun strategi, mereka yang hanya berbekal rekomendasi.

Jika kita sebagai pemula hanya mengandalkan rekomendasi-rekomendasi dari analis tanpa tahu kapan kita harus masuk/keluar pasar malah akan berisiko.Kenapa? Peluang untuk mengalami kerugian dari hasil rekomendasi yang ditelan mentah sangatlah mungkin terjadi.

Hal pertama yang harus kita siapkan untuk menjadi trader sukses adalah pahami kondisi modal yang kita miliki. Besarnya modal sangat berpengaruh lho dengan psikologi trading kita. Kok bisa? Trader pemula yang langsung pakai modal besar biasa mudah panik.

Selain modal, kita juga harus tahu ilmu dan strateginya untuk trading dulu. Karena itu yang akan jadi senjata kita. Misalnya? Jika kita ingin sukses menjadi seorang trader kita harus tahu tentang ilmu grafik/chart, karena chart ibarat kompas untuk trader. Setidaknya kita harus tahu ilmu-ilmu dasar analisis teknikal, seperti menentukan garis support, resisten, Moving Average(MA) dll.

Setelah kita mempelajari analisis teknikal, kita harus bisa membuat “trading plan”, apa itu? Trading plan artinya membuat perencanaan kapan harus beli, jual, batasi resiko dan berapa banyak boleh beli. Trading plan akan memudahkan kita mengambil keputusan lebih objektif, tidak emosional karena sudah dipersiapkan sebelumnya.

Kemudian untuk menjadi trader sukses kita juga harus selalu mau melakukan evaluasi trading, kenapa? Dari trading plan yang sudah kita buat ada baiknya selalu dievaluasi tiap beberapa bulan agar kita tahu kinerja trading kita.

Bandingkan kinerja trading dengan kinerja pasar atau dengan kinerja long term investment. Maksudnya ? Jika kinerja trading kita buruk, sedangkan kinerja long term investment lebih bagus, maka boleh dipikir ulang apakah akan invest atau trading?

Jika kita bisa sukses dalam trading, seharusnya dalam hidup pun kita bisa meraih sukses. Bagaimana caranya? Sebuah kesuksesan selalu dimulai dari mental yang baik dan tangguh. Mungkin di luar sana banyak orang yang tidak mempunyai apa-apa dan tidak mengetahui apa-apa. Tapi bila kita memiliki keyakinan yang cukup teguh & usaha yang terus menerus dilakukan pasti kita akan menjadi orang yang sukses.

Setidaknya ada beberapa cara sederhana yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan kesuksesan. Apa saja? Cara sederhana untuk meraih sukses yang pertama adalah : Menunda kesenangan. Maksudnya? Kita cukup sering mendengar cerita perjuangan seorang yang berada di bawah sampai mereka dapat merangkak naik ke atas.

Pada saat mereka di bawah, mereka tidak mudah untuk membelanjakan harta maupun ilmu yang mereka punya pada saat itu juga. Kita harus bisa lebih berhemat agar dapat menikmati harta yang kita miliki di kemudian hari tanpa ada rasa khawatir. Kebanyakan orang ingin sekali cepat-cepat membelanjakan ataupun menikmati harta yang mereka miliki.

Cara sederhana untuk meraih sukses yang ke-2 yaitu bekerja keras. Work smart and work hard ! Kebiasaan yang harus kita lakukan adalah bekerja keras dengan ikhlas untuk mencapai kesuksesan. Bukan dengan sungut-sungut.

Siapapun yang menabur benih pasti akan menuai hasil yang sesuai dengan benih yang ditabur, baik ataupun buruk. Orang yang bekerja keras akan dapat menuai kesuksesan lebih cepat daripada orang yang bekerja dengan biasa-biasa saja.
 
Work hard itu baik.Tapi akan lebih baik jika kita juga work smart untuk meningkatkan kualitas hasil kerja keras kita, bagaimana caranya? Kita bisa meningkatkan kualitas hasil kerja keras kita dengan mengarahkannya pada hal-hal yang bersifat inovatif. Maksudnya? Jika kita menemukan sebuah peluang dimana orang lain belum memanfaatkannya maka segeralah manfaatkan.

Dengan melakukan satu hal kecil saja maka secara pasti kita akan maju satu langkah menuju kesuksesan. Dan kita perlu ingat bahwa jangan sesekali berhenti melakukan hal yang sudah kita mulai, mengapa? Jika kita berhanti melakukan hal yang sudah dimulai maka akan memicu sifat malas dalam diri kita.

Jika saingan Anda sudah mulai mengikuti strategi-strategi bisnis Anda, jangan gelisah. Artinya Anda harus mulai inovasi! Bagaimana caranya berinovasi dalam bisnis? Jangan berhenti belajar baik pada pebisnis lain maupun dari buku-buku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar