Minggu, 24 Mei 2015

Sudahkah Anda Menjadi Sahabat

Salah satu nikmat hidup adalah punya sahabat yang tepat. Apalagi prinsip kebanyakan orang Indonesia “mangan ora mangan kumpul” yang di era social media saat ini menjadi “mangan ora mangan connect”. Kumpul dan connect dengan sahabat itu asyik dan membahagiakan.

Apakah sering kumpul bersama dan connect itu menandakan bahwa kita sudah bersahabat? Jawabnya, belum tentu. Seseorang bisa disebut menjadi sahabat apabila memenuhi sedikitnya tiga hal.

Pertama, sumber inspirasi. Teman kongkow belum tentu menjadi sahabat. Boleh jadi ia hanya sekedar teman belum menjadi sahabat. Sahabat itu tidak hanya sekedar ngobrol-ngobrol ringan. Sahabat itu ngobrol tentang ide, gagasan dan sesuatu yang bisa dilakukan bersama atau saling mendukung.

Kedua, supporter. Sahabat itu menjadi penyemangat bagi sahabatnya. Ia memberi apresiasi saat sahabatnya berprestasi. Ia yang menyemangati saat sahabatnya demotivasi. Ia menjadi pendukung yang tiada lelah saat sahabatnya berjuang mewujudkan mimpi-mimpi hidupnya. Sebagaimana layaknya supporter, ia rela mengorbankan uang, waktu dan energi untuk mendukung agar sahabatnya berhasil memenangkan persaingan sehat di dalam kehidupan.

Ketiga, controller. Sahabat yang baik bukan hanya sebagai sumber inspirasi dan supporter, ia juga berperan sebagai controller. Ia tak segan mengingatkan saat temannya berbuat kekeliruan. Tidak ada manusia yang sempurna dan selalu berbuat kebaikan, terkadang lalai dan tidak tahan akan godaan kemaksiatan. Tugas sahabatlah mengingatkan.

Apakah Anda sudah menjadi sumber inspirasi bagi orang-orang di sekitar Anda? Apakah Anda juga sudah berperan sebagai supporter dan controller bagi orang-orang di sekeliling Anda. Apabila jawabnya BELUM, maka belum layak Anda mengaku sebagai sahabat. Apabila Anda menjawab SUDAH bagi beberapa orang, maka beberapa orang itulah sahabat Anda.

Segera perbanyaklah sahabat agar hidup Anda semakin nikmat, terus tumbuh melesat. Semua orang hebat pasti memiliki banyak sahabat. Berapa banyakkah sahabat Anda saat ini?
sumber: www.jamilazzaini.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar