Sabtu, 06 Juni 2015

Cara Mengenali Penipuan di Facebook

Penipu Selalu ada di sekitar kita. Baik secara langsung maupun tidak langsung. Jadi Selalu waspada dengan sekitar anda, Karena orang terdekat kita sekalipun bisa menjadi penipu. Iya, begitulah yang terjadi dan sudah ada kenyataan.

Demikian juga dalam dunia maya, khususnya media sosial yang sedang trend saat ini. Bahkan dalam media sosial sekalipun, banyak penipu yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan keuntungan.

Di Facebook banyak bermunculan penjual online. Tak jarang kita mendapatkan banyak postingan spam, scareware dan aplikasi nakal, dll. Yang fungsinya untuk mencuri data pribadi, dan banyak bentuk penipuan lain. Beberapa diantaranya jebakan penipu di facebook akan kami ulas sekarang.

Pertama: Tombol Like Palsu. Banyak sekali kami lihat online shop di facebook baru buka sudah banyak LIKEnya. Jadi jangan tertipu dengan LIKEnya, karena bisa saja itu LIKE palsu. LIKE pun bisa dibeli, dan banyak kami lihat ada yang menjual jasa untuk LIKE. Memang kata orang toko online di facebook yang banyak LIKE bisa dipercaya. Maka mulai hari ini, lebih hati-hati lagi.

Kedua: Hadiah Palsu. Siapa yang tidak tergiur dengan hadiah bagus hanya dengan klik saja? nah, para penipu disini memanfaatkan peluang ini. Dengan sebuah postingan yang dilengkapi dengan wall bagus, kata-kata manis, dan kata menjual. Anda lalu klik postingan tersebut, nah bisa saja itu membawa anda ke sebuah jebakan untuk mencuri data-data anda. Jadi jangan mudah mempercayainya. Bila perlu cek sedetail mungkin.

Ketiga: Pura-pura Menjadi Teman. Seorang Hacker bisa memanfaakan peluang dengan pura-pura menjadi teman anda. Biasanya mereka mempunyai trik untuk menipu kita. Waktu kita lengah, dia menyerang kita. Bisa saja seorang Hacker, membuat akun yang mirip dengan teman kita. Jadi selalu teliti. Artinya dimana pun penipu itu selalu ada.

Password facebook anda pun jangan sembarangan kasih sama orang lain. Sekalipun itu Kekasih atau sodara anda. Sebab, bisa saja dia menjadi penipu atau dia yang kena tipu. Mengerti maksudnya? Begini, jika Kekasih/Teman/Keluarga anda punya kebebasan buka facebook anda, bisa jadi dia memanfaakan fb anda untuk menipu. Atau Bila Kekasih/Teman/Keluarga anda kasih kebebasan membuka facebook anda, bisa saja mereka menjadi korban penipuan.
sumber: @MaximaAdv

Tidak ada komentar:

Posting Komentar