Sabtu, 27 Juni 2015

Pintar Berbelanja

Hasil gambar untuk hemat belanjaDalam kehidupan sehari-hari, belanja kebutuhan bisa dibilang menjadi salah satu hal yang paling mutlak dipenuhi. Apa itu belanja pintar? Hal itu bisa diartikan sebagai berbelanja barang kebutuhan dengan cara paling efisien. Dengan belanja pintar Anda mendapat apa yang diinginkan tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Belanja pintar sama dengan hemat berbelanja. Lalu bagaimana caranya?

1. Buatlah Daftar Belanja. Ini adalah hal pertama yang mesti Anda lakukan sebelum berbelanja. Sebelum pergi ke swalayan atau pasar, buatlah daftar barang yang akan dibeli. Tujuannya jelas, dengan membuat daftar tersebut, Anda akan terhindar dari membeli barang yang tidak perlu. Usahakan, daftar tersebut dimulai dari barang yang terpenting baru berlanjut pada barang yang bisa dinantikan. Tujuannya sama seperti yang sudah disebutkan di atas, agar terhindar dari membeli barang yang tidak perlu.

2. Bawa Budget Pas Sesuai Kebutuhan. Ketika berbelanja, jangan bawa uang terlalu banyak di dalam dompet. Bawalah uang secukupnya sesuai dengan daftar belanja yang sudah dibuat. Bagaimana kalau harga naik? Silahkan saja membawa uang lebih untuk berjaga-jaga. Jumlah uang cadangan jangan lebih dari 10% dibandingkan nilai perkiraan total belanja.

Tujuannya adalah agar Anda bisa fokus untuk memenuhi kebutuhan utama yang sudah dibuat dalam daftar belanja lebih dulu. Jika ada sisa, Anda bisa memakainya lagi atau tidak. Selain itu, membawa banyak uang juga bisa memancing tindak kejahatan.

3. Hindari Pembayaran Dengan Kartu Kredit Atau Debit. Disarankan Anda untuk membayar memakai uang tunai. Mengapa? Karena menggunakan kartu kredit/debit, akan membuat Anda merogoh kocek untuk menambah rencana pengeluaran yang sudah ada.

Bila alasan keamanan yang menjadi pertimbangan, Anda boleh membawa kartu ATM dengan saldo yang terbatas. Namun sebaiknya kartu ATM ini sifatnya khusus, hanya untuk berbelanja.
sumber: @PritaGhozie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar